Ibu Kota Negara

3 Jenis Investasi yang Bisa Berkontribusi dalam Pembangunan IKN Nusantara di Kaltim

Pembangunan IKN Nusatnara di Kalimantan Timur terus ditindaklanjuti, pemerintah targetkan pada tahun 2024

Editor: Budi Susilo
HO/Youtube Joko Widodo
Desain Ibu Kota Negara, Nusantara. Investasi luar negeri bekerja sama dengan negara lain seperti Uni Emirat Arab, Korsel, Saudi Arabia, Jepang dan lain-lain. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pembangunan IKN Nusatnara di Kalimantan Timur terus ditindaklanjuti, pemerintah targetkan pada tahun 2024 telah ada pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara. 

Berbagai upaya untuk sukseskan pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur dengan melibatkan berbagai hal investor dan melibatkan masyarakat. 

Sebelumnya, telah diselenggarakan konsultasi publik mengenai penyusunan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk acuan dasar pembangunan serta Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) untuk pemetaan kawasan di wilayah pembangunan IKN.

Selain itu juga, Bambang Susantono selaku Kepala Otorita IKN sempat mengungkapkan kaitannya investasi pembangunan IKN dalam hal market sounding atau jajak pasar yang diutarakan pada Agustus 2022 lalu.

Baca juga: Pola Ruang IKN Nusantara Jangan Sampai Mengesampingkan Hak-hak Warga

“Market sounding atau jajak pasar ini sedang berjalan, nantinya tentu akan ada satu hal besar dan kami meminta bapak Presiden yang memimpin,” ucapnya.

Bambang mengatakan, hingga saat ini, jajak pasar masih terus berproses.

Sebelumnya, bahkan OIKN juga sempat mengadakan sosialisasi tentang peluang investasi dalam pembangunan IKN bersama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Kaltim.

Saat ini sedang berlangsung pembahasan atau pembicaraan, sebelum itu juga ada sosialisasi tentang peluang berusaha dengan KADIN Kaltim.

"Kemudian, ada pembicaraan lanjutan terkait permasalahan detail dengan para calon investor,” terang Bambang.

Baca juga: Ibu Kota Negara di Kaltim, Jakarta Punya Kekhususan Bidang Moneter dan Keuangan

“Fokusnya dengan Kadin adalah investor domestik,” tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved