Berita Pemkab Mahulu

Buka Rakor Pendataan Awal Regsosek 2022, Wabup Mahulu Sebut Data Warga Miskin akan Divalidasi Ulang

Wakil Bupati (Wabup) Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanses Avun M.Si membuka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di

Editor: Rahmad Taufiq
HO/PROKOPIM MAHULU
Wakil Bupati atau Wabup Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanses Avun M.Si membuka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di ruang rapat Bapelitbangda, Rabu (21/9/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, UJOH BILANG - Wakil Bupati atau Wabup Mahakam Ulu (Mahulu) Drs. Yohanses Avun M.Si membuka Rapat Koordinasi Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022 di ruang rapat Bapelitbangda, Rabu (21/9/2022).

Rakor yang diselanggarakan Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Barat, mengusung tema “Kolaborasi Merah Putih: Mewujudkan Satu Data Untuk Kesejahteraan Indonesia, Mencatat Untuk Membangun Negeri Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat”.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH., ME melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wabup Mahulu, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan tersebut.

Dengan adanya registrasi sosial ekonomi, diharapkan perwujudan perlindungan sosial yang adaptif akan semakin konkret, pascapandemi dan kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu yang lalu.

“Tentu membawa dampak yang besar bagi masyarakat. Adanya Regsosek juga menjadi kesempatan bagi pemerintah untuk melakukan registrasi dan validasi ulang data penduduk miskin di Kabupaten Mahakam Ulu,” jelas Wabup.

Baca juga: Bupati Mahulu dan Rombongan DPRD Datang ke Long Pahangai, Serahkan Bantuan buat Korban Banjir

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat berjalan lancar sehingga dapat tersedia data kemiskinan yang akurat.

“Dengan tersedianya data ini, maka tidak lagi terjadi protes dan konflik di masyarakat ketika program perlindungan sosial dari pemerintah pusat maupun daerah dilaksanakan, dan pelaksanaan Registrasi Sosial Ekonomi menjadi langkah strategis yang tepat dalam pembangunan dan pemulihan Indonesia,” tutur Wabup

Lebih lanjut Wabup juga menyampaikan, semua pihak yang terlibat dalam regsosek dapat berperan aktif mengawal serta menjalin koordinasi baik itu BPS Kubar dengan OPD, maupun pemerintah kampung dan semua stakeholder di Mahulu, sehingga pelaksanaan Pendataan Regsosek 2022 dapat berjalan sukses dan menghasilkan data yang akurat serta dapat dipertanggungjawabkan.

Menurut Kepala Bapelitbangda Gerry Gregorius, S.E., M.Si., Ak yang disampaikan oleh Sekretaris Bapelitbangda Franciskus Hului, S.E., M.Si, kegiatan tersebut bertujuan menguatkan koordinasi dan konsolidasi eksternal dan internal dalam rangka pelaksanaan pendataan awal regsosek serta menyusun rencana kerja pendataan awal.

“Tujuan lainnya yaitu menyusun strategi dan manajemen lapangan pelaksanaan serta penyelesaian administrasi pendataan awal regsosek,” jelasnya.

Baca juga: Wabup Mahulu Minta BPJS Kesehatan Evaluasi JKN

Rapat dilanjutkan dengan pemaparan oleh narasumber yaitu BPS Kubar Bayu Agung Prasetyo, SST, SE, MSI tentang kolaborasi bersama untuk Regsosek, serta paparan dari Sekretaris Bappelitbangda Mahulu Franciskus Hului, S.E., M.Si., terkait Resosek dalam mempercepat Reformasi Perlindungan Sosial.

Rapat ini turut dihadiri Sekretaris DPRD Mahulu Honorata Yuliana Husun SH, Plt. Kepala Dinas PUPR Margono, S.T., M.Si, Sekretaris BPKAD Samson Batang , S.Sos., M.Si, Sekretaris BKPSDM Nobertus Ngande, S.IP Sekretaris BPPD Eka Budi Hermanto, S.E. serta perwakilan OPD, Forkopimda dan Camat se-Kabupaten Mahulu. (prokopim/nha)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved