Berita Kukar Terkini

Ketua DPRD Kukar Unjuk Kebolehan Adu Gasing di Event Olahraga Tradisional

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Kartanegara (DPRD Kukar), Abdul Rasid unjuk kebolehan dalam perlombaan olahraga tradisional.

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Kartanegara (DPRD Kukar), Abdul Rasid unjuk kebolehan dalam perlombaan olahraga tradisional. (TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI) 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Kartanegara (DPRD Kukar), Abdul Rasid unjuk kebolehan dalam perlombaan olahraga tradisional.

Rasid tampak mahir mengikuti perlombaan begasing di depan Museum Mulawarman. Ia pun memberi respon positif terhadap kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan Erau ini.

"Kita menyambut baik pelaksanaan perlombaan olahraga tradisional, karena ini salah satu upaya untuk melestrikan budaya di Kutai Kartanegara," ujarnya, Selasa (27/9/2022).

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, perlombaan olahraga tradisional merupakan salah satu bentuk pelestarian kearifan lokal asal Kutai.

Baca juga: Meriahkan Erau 2022, Ribuan Peserta Ramaikan Lomba Olahraga Tradisional di Kukar

Terlebih, kata Abdul Rasid, peminat olahraga tradisional di Kota Raja hingga saat ini masih sangat luar biasa.

Ia pun mendukung Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kukar sebagai induknya untuk menciptakan atlet berprestasi.

"Harapan saya event olahraga tradisional bisa dilaksanakan bukan hanya di Erau saja. Tapi, bisa dilaksanakan beberapa bulan sekali, agar menjadi olahraga masyarakat," jelasnya.

Baca juga: Gara-Gara Lubang Tambang, 2 WNA Asal Tiongkok Dianiaya di Loa Janan Kukar, Satu Korban Tewas

Sementara itu, Rasid bersyukur Pesta Erau Adat Kutai bisa berlangsung kembali pada tahun ini. Sehingga bisa melestarikan budaya, adat istiadat, dan olahraga tradisional yang dimiliki Kukar.

“Mudahan-mudahan bisa menjadi daya tarik orang untuk berkunjung ke Kukar. Tidak hanya wisata modern, tapi kita perlu tonjolkan wisata budaya yang menjadi pembeda, antara Kukar dengan daerah lain,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sebanyak 1500 peserta mengikuti perlombaan olahraga tradisional dalam rangka memeriahkan Erau tahun 2022 di Kutai Kartanegara.

Baca juga: Dikawal DPRD Kukar, Desa Tanjung Batuq Harapan di Muara Muntai Kini Bisa Nikmati Listrik 24 Jam

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kukar.

Total, ada 10 jenis olahraga tradisional yang dilombakan. Di antaranya, Begasing, Belogo, Engrang, Ketapel, Panahan, Dagongan, Behempas Bantal, Kelom Panjang, Hadang, dan Menyumpit. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved