Berita Kubar Terkini

Sosialisasi Program Kuriklum Merdeka, Disdikbud Kubar Sasar Kalangan Orangtua Wali

Sosialisasi penerapan program kuriklum merdeka di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus digencarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kubar.

Penulis: Zainul | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Para orang tua wali murid/siswa mengikuti sosialisasi program kuriklum merdeka di SMPN 1 Barong Tongkok, Kutai Barat. (TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL)  

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Sosialisasi penerapan program kuriklum merdeka di wilayah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) terus digencarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud).  

Tak hanya di sekolah, sosialisasi kuriklum merdeka ini juga menyasar para orang tua atau wali murid/siswa dengan harapan agar orang tua juga dapat memahami program besutan Kemendikbud tersebut. 

Seperti yang dilakukan di SMP Negeri 1 Barong Tongkok. Para wali murid dikumpulkan dalam satu forum untuk mendengarkan dan memahami program pemerintah pusat itu.

Kepala Disdikbud Kubar, Silvanus Ngampun mengatakan kurikulum merdeka adalah program baru dari pemerintah pusat untuk dunia pendidikan.

Baca juga: Personel Polres Kubar Gelar Salat Ghaib untuk Para Korban Tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang

" Ini adalah penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yakni kurikulum 13 dan kurikulum darurat saat pandemi Covid 19, yang diterapkan untuk pelajar kelas VII di tingkat sekolah menengah pertama (SMP)," katanya, Senin (3/10/2022).

Dia mengkalaim, para orang tua wali murid sependapat dengan program tersebut. Karena, ada peran orangtua yang turut andil bagian dalam kurikulum merdeka. 

“Orang tua diajak berperan dalam pendidikan anak, tidak bisa sepenuhnya menyerahkan ke guru mengingat waktu bersama orangtua lebih banyak dibandingkan dengan waktu di sekolah. Karena itu diperlukan komunikasi yang baik antara orang tua dan guru," ucapnya. 

Baca juga: Festival Anak Sholeh, Ajang Menumbuhkan Nilai Keislaman di Kubar

Dunia pendidikan kata dia, selain infrastruktur sumber daya manusia pendidikan dalam hal ini guru dibutuhkan yang berkualitas.

" Oleh sebab itu kami berharap berharap kalau pelatihan guru wajib ikut, apalagi guru senior, karena ini sangat penting untuk peningkatan wawasan dan kualitas guru," harapnya. 

Sementara itu, Jumiana salah satu orang tua siswa menilai program kurim merdeka ini akan meningkatkan mutu pendidikan anak sehingga harus didukung oleh para orang tua.

“ Kurikulum ini menurut saya bagus sekali karena mendidik anak di lingkungan rumah itu juga menjadi salah satu hal penting. Karena ke depannya  akan berdampak positif," pungkasnya. (*)

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved