Berita Nasional Terkini

Rocky Gerung Tagih Etika Pertanggungjawaban pada Pihak yang Terlibat dalam Tragedi Kanjuruhan

Tidak adanya pihak yang bertanggung jawab terhadap tragedi Kanjuruhan membuat Rocky Gerung berkomentar.

Penulis: Amilia Lusintha | Editor: Amilia Lusintha
Youtube/Rocky Gerung Official
Rocky Gerung dalam tayangan Youtubenya Tagih Etika Pertanggungjawaban pada Pihak yang Terlibat dalam Tragedi Kanjuruhan 

TRIBUNKALTIM.CO - Tidak adanya pihak yang bertanggung jawab terhadap tragedi Kanjuruhan membuat Rocky Gerung berkomentar.

Rocky Gerung mengomentari adanya tragedi Kanjuruhan ini sampai sekarang masih tidak ada salah satu pihak yang mengaku untuk bertanggung jawab.

Pengamat Rocky Gerung menjelaskan bahwa tragedi Kanjuruhan yang terjadi ini bukanlah tragedi kemanusiaan, menurutnya di dalam tragedi tidak ada unsur manusia.

"Tragedi itu sesuatu yang terjadi karena nasib manusia dikendalikan oleh hal-hal diluar kemampuannya. Itu namanya tragedi." ucap Rocky Gerung dikutip dalam kanal Youtubenya, Selasa, (4/10/2022).

"Sekarang kita harus minta pertanggungjawaban, artinya dia bukan tragedi dia adalah satu obmission atau pembiaran" sambungnya.

Baca juga: Daftar Polisi Dinonaktifkan Buntut Tragedi Arema, 18 Personel Pembawa Gas Air Mata Ikut Diperiksa

Bagi Rocky Gerung kalau mungkin hal itu bukan kesengajaan, mengapa aparat kepolisian harus menembakkan gas air mata ke arah tribun yang membuat bikin panik penonton.

Tidak dipungkiri, Rocky Gerung yang selalu up to date dengan keterangan pers, PSSI, Kapolda melihat bahwa tragedi Kanjuruhan ini dianggap sebagai peristiwa yang biasa saja.

Adanya pro dan kontra terhadap suporter yang salah, atau panitia penyelenggara yang salah terhadap tragedi Kanjuruhan ini dianggap oleh Rocky Gerung sebagai emosi dari suporter Arema yang sudah lumrah terjadi.

Atau mungkin karena tambahan tiket, pertandingan dilakukan dimalam hari hingga adanya isu tentang suporter yang menggunakan narkoba juga dikritiki oleh Rocky Gerung sebagai upaya pengalihan isu.

Namun, menurut Rocky Gerung adanya tragedi Kanjuruhan ini disebabkan oleh kesalahan prosedur.

Baca juga: Legenda Timnas Brasil Soroti Jumlah Anak-anak yang Meninggal dalam Tragedi Arema vs Persebaya

"Kontroversi ini harus ada satu orang datang kedepan publik dan bilang saya bertanggung jawab" kata Rocky Gerung.

Menurutnya, sebelum tim pembentukan Menko Polhukam atau siapapun yang mengusut tragedi ini, pihak-pihak yang merasa terlibat dalam tragedi Kanjuruhan harus mengundurkan diri entah itu ketua panitia, ketua PSSI, Menpora dan lainnya.

"Karena ini bukan tragedi kemanusiaan, ini kekacauan koordinasi" tegas Rocky Gerung.

Tak hanya itu saja, Rocky Gerung juga menambahkan, "Etika pertanggungjawaban itu yang kita tagih sekarang, termasuk Kapolri" sambungnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved