Gempa Cianjur

Ridwan Kamil Ditawari Ilmu Tanggap Gempa dari Jepang, Gubernur Shizouka Kirim Surat Belasungkawa

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ditawari ilmu hadapi gempa dari 2 gubernur di Jepang. Bahkan Gubernur Shizouka kirim surat belasungkawa.

Kompas.com/Dendi Ramdhani
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat menghadiri Kongres Pemerintah Daerah (Pemda) se-Asia Timur atau East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) ke-11 tahun 2022 di The Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil ditawari ilmu hadapi gempa dari 2 gubernur di Jepang. Bahkan Gubernur Shizouka kirim surat belasungkawa. 

TRIBUNKALTIM. CO - Dua Gubernur di Jepang menawarkan bantuan ilmu tanggap gempa kepada Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat saat East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC), di Bandung, Jawa Barat.

Delegasi Jepang diketahui memberikan bantuan spontanitas kepada korban gempa Cianjur, selain itu juga bersedia untuk memberikan bantuan demi membangun sistem tanggap gempa yang langsung disambut positif oleh Ridwan Kamil.

Diakui Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Jepang adalah salah satu negara yang juga sering terjadi gempa namun menurut pria yang akrab disapa Kang Emil, budaya tanggap bencana Jepang luar biasa.

Diketahui, update terbaru korban gempa Cianjur hingga Rabu (23/11/2022) telah menewaskan lebih dari 200 warga.

Komitmen sejumlah Gubernur di Jepang ini disampaikan kepada Ridwan Kamil dalam Kongres Pemerintah Daerah (Pemda) se-Asia Timur atau East Asia Local and Regional Government Congress (EALRGC) ke-11 tahun 2022 di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).

Dalam konferensi pers, Rabu (23/11/2022) malam di Gedung Sate, Ridwan Kamil mengatakan, "Gubernur Jepang menawarkan ilmu tahan gempa karena salah satu provinsi kan Shizuoka itu gempanya banyak sekali, tapi budaya tanggap bencananya sudah sangat luar biasa.

Provinsi Nara juga sama."

Ridwan Kamil juga menambahkan,  "Sehingga kita diberi komitmen untuk mendapatkan ilmu sehingga Insya Allah ya Jawa Barat, Cianjur, akan belajar melalui ilmu yang datang dari negara Jepang." 

Menurut Ridwan Kamil, selain menyampaikan duka cita, para delegasi juga secara spontan mengumpulkan bantuan bagi para korban gempa Cianjur.

Baca juga: Evakuasi Besar-besaran Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Minta Lokasi Bencana Jangan Jadi Tontonan

"Bahkan delegasi Jepang tadi mengumpulkan bantuan juga secara  spontanitas untuk warga Cianjur.

Mereka sangat merasakan bahwa masalah kemanusiaan ini masalah bersama," katanya seperti dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com. 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, semua delegasi menyampaikan rasa duka cita atas musibah tersebut.

“Terharu, kami dikirimi surat belasungkawa dari gubernur Prefektur Shizouka, Jepang.

Semua delegasi menyampaikan rasa duka cita mendalam dalam bentuk ucapan, surat bahkan memberikan bantuan keuangan,” kata Ridwan Kamil

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved