Berita Samarinda Terkini

Kadishub Samarinda Sebut Larangan Truk ODOL Mulai Berlaku 1 Januari 2023

Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Manalu menginformasikan, bahwa terhitung 1 Januari 2023, Samarinda akan memberlakukan zero Odol

Penulis: Sarikatunnisa | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA
Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Manalu menginformasikan, bahwa terhitung 1 Januari 2023, Samarinda akan memberlakukan Zero Over Dimensi Over Loading (ODOL) kendaraan bermotor. TRIBUNKALTIM.CO/SARIKATUNNISA 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Kepala Dinas Perhubungan Kota Samarinda, Manalu menginformasikan, bahwa terhitung 1 Januari 2023, Samarinda akan memberlakukan Zero Over Dimensi Over Loading (ODOL) kendaraan bermotor.

Hal ini ia katakan kepada Tribunkaltim.co melakui panggilan Whatsapp, Senin (28/11/2022).

Keputusan tersebut merupakan hasil Rapat Kerja Teknis (RAKERNIS) Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan pada 22 November 2022 di Surakarta.

"Sesuai dengan Rakornis perhubungan darat di tanggal 22 November 2022 Surakarta yang saya ikuti, maka dari Kementerian Perhubungan secara tegas mengatakan Zero ODOL 2023 per 1 Januari," ujad Manalu kepada Tribunkaltim.co, Senin (28/11/2022).

Baca juga: Pemdes Krayan Makmur Paser Berlakukan Pembatasan Muatan Kendaraan ODOL, Cegah Kerusakan Jalan Desa

Baca juga: Polres Penajam Paser Utara Tindak Kendaraan Odol

Artinya seluruh kendaraan-kendaraan atau truk yang akan masuk ke ruang pengujian kendaraan bermotor atau uji kir itu adalah kendaraan-kendaraan yang sudah melakukan normalisasi.

Normalisasi kendaraan secara ukuran atau secara standar yang telah dituangkan di dalam sertifikasi uji kendaraan tersebut.

"Ketika 2023 nanti kendaraan-kendaraan Over Dimensi Oved Loading tidak bisa masuk lagi ke penguji kendaraan bermotor," tegasnya.

Diketahui saat ini ada 340 kendaraan truk penerima fuel card yang masih belum melakukan normalisasi kendaraan.

Baca juga: Dishub Paser Tertibkan Kendaraan ODOL, Rata-rata Truk Pengangkut Kelapa Sawit

"Nanti kami akan lebih tegas lagi kepada pihak SPBU untuk tidak menerima kendaraan-kendaraan yang tidak melakukan normalisasi ODOL per 1 Desember," pungkasnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved