Berita Berau Terkini

Jembatan Sambaliung di Berau Tak Jadi Ditutup per 1 Desember 2022

Asisten II Setkab Berau, Agus Wahyudi mengakui wacana penutupan jembatan sambaliung tidak dilaksakan per 1 Desember 2022.

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Aktivitas Jembatan Sambaliung yang masih ramai dilewati oleh kendaraan per 1 Desember 2022. TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Asisten II Setkab Berau, Agus Wahyudi mengakui wacana penutupan jembatan sambaliung tidak dilaksakan per 1 Desember 2022.

Menurutnya, masih ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan penutupan, seperti sarana penyeberangan.

Meskipun, dia mengkui untuk penutupan memang merupakan kewenangan Pemprov Kaltim.

“Sementara belum dilaksakan per 1 Desember,” tuturnya kepada TribunKaltim.co,” Kamis (1/12/2022).

Sejauh ini, ia belum memastikan kapan jembatan akan ditutup.

Baca juga: Anggota DPRD Berau Minta Penutupan Jembatan Sambaliung tak Persulit Kontingen Porprov Kaltim

Adapun Pemkab Berau sudah siap dan hanya berkoordinasi dengan pihak penyedia LCT untuk melakukan mobilisasi penyeberangan, terutama untuk penyeberangan kendaraan roda 4 dari Sambaliung menuju Tanjung Redeb dan sebaliknya.

“Kalau Berau sudah siap, yang jelas sudah bisa dikerjakan. Paling tidak satu dua hari itu sudah mulai dilakukan,” katanya.

Dia menjelaskan, tidak ada lagi simulasi yang dilakukan. Karena saat simulasi beberapa waktu lalu, sudah dinyatakan siap, jadi tinggal pelaksanaan saja.

Dia mengakui, memang beberapa waktu lalu sempat terkendala karena harus mengurus izin penggunaan LCT untuk angkutan kendaraan masyarakat ke Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Dinas PUPR Kaltim Tunggu Pemkab Berau untuk Perbaikan Jembatan Sambaliung

“Sekarang Insha Allah sudah tidak masalah,” jelasnya.

Sebelumnya, pemberitahuan pelaksanaan perbaikan Jembatan Sambaliung nomor 632/2908/BM-KASI JBT yang dikeluarkan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam surat itu berbunyi, sehubungan dengan Pelaksanaan Paket Pekerjaan Perbaikan Jembatan Sambaliung I sesuai kontrak dengan PT. Maluang Prima dengan nomor kontrak 603/094/PPKom-BM/KONT/JBT.SMBLI/VI/2022 tanggal 15 Juli 2022, disampaikan bahwa penyiapan jalan alternatif atau dermaga sementara (Jetty) telah selesai dikerjakan.

Seperti yang telah disampaikan melalui surat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat Provinsi Kalimantan Timur, Nomor 630/2913/BM-KASI JBT, tanggal 24 Oktober 2022, perihal Informasi Kesiapan Pelaksanaan Perbaikan Jembatan Sambaliung.

Baca juga: Sesuai Surat DPUPR Kaltim, Perbaikan Jembatan Sambaliung Berau Akan Dimulai Besok

Dalam surat tersebut juga dijelaskan, berdasarkan hasil kajian teknis kondisi Jembatan Sambaliung sudah kritis, sehingga untuk keselamatan pengguna jalan maka pekerjaan Perbaikan Jembatan Sambaliung harus segera dilaksanakan.

Penutupan arus lalu lintas yang melewati jembatan akan dimulai pada tanggal 1 Desember 2022 sampai dengan pekerjaan perbaikan selesai dan jembatan dapat difungsikan kembali yang diperkirakan selama empat bulan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved