Berita Nasional Terkini

Bawa 72 Kg Sabu dan 40 Ribu Butir Ekstasi, 2 Oknum TNI AD di Sumut Diamankan Dit Narkoba Mabes Polri

Dit Narkoba Mabes Polri mengamankan dua anggota TNI AD di Sumatera Utara karena tertangkap tangan membawa 40 ribu butir ekstasi dan sabu seberat 75 kg

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Barang bukti berupa 40 ribu pil ekstasi dan 75 kilogram saat Dit Narkoba Mabes Polri meringkus dua anggota TNI dari Sumut berinisial YT dan RH di Deliserdang pada Senin (5/12/2022).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO- Dit Narkoba Mabes Polri mengamankan dua anggota TNI AD di Sumatera Utara karena tertangkap tangan membawa 40 ribu butir ekstasi dan sabu seberat 75 kilogram.

Kedua oknum TNI AD tersebut yakni YT dari Kodim 0208/Asahan dan RH dari Yonif 125/Simbisa Brigif/Rimba Raya

Kapendam I/Bukit Barisan, Letkol Inf Rico Julyanto membenarkan terkait penangkapan dua anggotanya itu.

Rico menjelaskan penangkapan terhadap YT dan RH terjadi saat keduanya berada di tempat pencucian mobil di depan Yonif Mekanis, 121/KC Galang, Deliserdang, pada Senin (5/12/2022).

"Keduanya ditangkap saat membawa narkoba jenis ekstasi sebanyak 40 ribu butir dan sabu seberat 75 kilogram," ujarnya dikutip dari Tribun Medan.

Baca juga: Seorang IRT di Bontang Lestari Jual Sabu Akhirnya Diringkus Polisi

Baca juga: Dua Kurir Sabu Seberat 2 Kilogram Ternyata Residivis di Samarinda

Rico menyebut YT dan RH sudah dibuntuti oleh Dit Narkoba Mabes Polri sejak mengambil barang haram tersebut di kawasan Tanjungbalai pada Minggu (4/12/2022).

Pada saat itu, YT dan RH bertemu di Tanjungbalai dan melanjutkan perjalanan ke kawasan Sungai Dua.

Setelah itu, mereka bertemu seseorang yang membawa paket narkoba untuk diambil olehnya.

"Di sana keduanya ini mengambil paket narkoba yang sudah diarahkan orang yang tidak dikenal, kemudian dimuat ke dalam Mobil Toyota Fortuner Nopol BK 1020 LE," ujar Rico.

Setelah pengambilan narkoba itu, YT dan RH langsung melanjutkan perjalanan ke Medan.

Namun, mereka sempat berhenti terlebih dahulu di Deliserdang untuk beristirahat dan dilanjutkan dengan melaksanakan sholat subuh.

"Karena sudah subuh Sertu Yalpin Tarzun dan Pratu Rian Hermawan istrahat dan melaksanakan salat subuh di Mesjid Jami Galang, Lubukpakam, Deliserdang," ungkapnya.

Paginya, sekitar pukul 10.00 WIB, Rico menyebut keduanya langsung diringkus ketika sudah sampai di tempat pencucian mobil di depan Yonif Mekanis 121/KC.

Rico menegaskan akan memecat dengan tidak hormat dan dijatuhi sanksi pidana kepada YT dan RH buntut ditangkapnya mereka karena kasus narkoba.

Baca juga: Seorang Kurir Sabu Tewas Saat Dikejar Satresnarkoba Polresta Samarinda, 1 Pelaku Masih Dirawat

"Hukuman pidana dan pemberhentian tidak dengan hormat PTDH,"kata Rico, Selasa (6/12/2022), dikutip dari Tribun Medan.

Kini, Rico menyebut kedua anggota TNI AD itu tengah diperiksa oleh detasemen polisi militer (Denpom). (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Bawa 40 Ribu Butir Ekstasi dan 75 Kilo Sabu, 2 Anggota TNI AD di Sumut Diringkus, Terancam Dipecat, https://www.tribunnews.com/regional/2022/12/06/bawa-40-ribu-butir-ekstasi-dan-75-kilo-sabu-2-anggota-tni-ad-di-sumut-diringkus-terancam-dipecat.

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved