Berita Kaltara Terkini

19 WBP Lapas Nunukan Dapat Pembebasan Bersyarat

Sebanyak 19 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Nunukan mendapat hak integrasi berupa pembebasan bersyarat pada Kamis (15/12/2022

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Sebanyak 19 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Nunukan mendapat hak integrasi berupa pembebasan bersyarat pada Kamis (15/12/2022).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO- Kepala Lapas Kelas IIB Nunukan, I Wayan Nurasta Wibawa, mengatakan ada sebanyak 19 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Nunukan mendapat hak integrasi berupa pembebasan bersyarat pada Kamis (15/12/2022).

Hal ini berdasarkan SK Menteri Hukum dan HAM yang telah terbit serta penyesuaian dengan Undang-undang Nomor 22 tahun 2022.

"Dari 19 WBP yang mendapat pembebasan bersyarat, dua diantaranya adalah perempuan. Didominasi kasus Narkotika. Hanya satu kasus perlindungan anak," kata I Wayan Nurasta Wibawa kepada TribunKaltara.com, Sabtu (17/12/2022), pukul 13.30 Wita.

Menurutnya, belasan WBP yang telah mendapat pembebasan persyaratan tersebut telah menjalani masa pidana 2/3.

Baca juga: 96 Narapidana Lapas Tenggarong Diusulkan Terima Remisi Natal 2022

Baca juga: PM Australia Tak Terima Umar Patek Dapat Remisi, Aktor Bom Bali 1 Segera Bebas

"Mereka juga sudah mengikuti semua program pembinaan dengan baik dan tertib. Mereka juga telah memenuhi persyaratan administratif maupun substantif," ucapnya.

Wayan menuturkan setelah memperoleh pembebasan bersyarat, para WBP tersebut mengikuti bimbingan di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Tarakan.

"Jadi setelah keluar dari Lapas, mereka wajib lapor sampai masa pidananya selesai. Mereka dibawah pengawasan dan bimbingan dari Bapas Tarakan," ujarnya.

Dia berharap WBP yang mendapatkan pembebasan bersyarat dapat mengaplikasikan setiap program pembinaan yang didapatkan selama di dalam Lapas.

Baca juga: Ratusan Narapidana Dapat Remisi, Ketua DPRD Kukar: Bonus Berkelakuan Baik

"Jangan lagi mengulangi perbuatan tindak pidana. Terapkan setiap program pembinaan dalam Lapas di lingkungan keluarga dan masyarakat," tuturnya. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Belasan WBP Lapas Nunukan Dapat Integrasi Pembebasan Bersyarat, Wayan: Didominasi Kasus Narkotika, https://kaltara.tribunnews.com/2022/12/17/belasan-wbp-lapas-nunukan-dapat-integrasi-pembebasan-bersyarat-wayan-didominasi-kasus-narkotika.

Sumber: Tribun kaltara
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved