Ulasan Media Asing terkait Demo Tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, Soal Ricuh hingga Pro-Kontra DPR

Editor: Amalia Husnul Arofiati
Pendemo saat bentrok dengan aparat kepolisian di kawasan Harmoni, Jakarta, Kamis (8/10/2020). Kericuhan pendemo UU Cipta Kerja hingga malam hari masih berlangsung.

TRIBUNKALTIM.CO - Sejumlah media asing menurunkan pemberitaan terkait demo tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja di Indonesia, mulai dari soal ricuh hingga pro-kontra di DPR

Aksi massa tolak Omnibus Law UU Cipta Kerja berlangsung di berbagai daerah di Tanah Air, demo ini menjadi sorotan dari sejumlah media asing.

Dilansir dari kompas.com, sejumlah media asing tersebut menyoroti kericuhan yang terjadi dan penangkapan ratusan orang, ada pula yang menyoroti pro-kontra di DPR soal Omnibus Law UU Cipta Kerja ini.

Sejauh ini ada dua media asing yang memberitakan kerusuhan yakni BBC dan Al Jazeera, sedangkan dua media asing lain yaitu Reuters dan New York Times menyoroti pengesahan UU setebal 905 halaman tersebut.

Di artikel BBC terbitan Kamis (8/10/2020), tertulis puluhan ribu massa turun ke jalan di hari ketiga unjuk rasa menentang undang-undang kontroversial, yang oleh para kritikus dinilai bakal merugikan pekerja dan buruh.

"Unjuk rasa terjadi di seluruh negeri. Ratusan orang ditahan di Jakarta.

Blak-Blakan, Luhut Pandjaitan Bongkar Penunggang Demo UU Cipta Kerja, Terlihat Ngebet Jadi Presiden

Hendak Ikut Aksi Tolak Omnibus Law, Puluhan Pelajar SMP dan SMA Digelandang ke Polresta Balikpapan

VIRAL di TikTok, Emak Berdaster Jemput Anaknya yang Ikut Demo UU Cipta Kerja, Ternyata Ini Sebabnya

DETIK-DETIK Anak Buah Idham Azis Dikepung Massa Demo Tolak UU Cipta Kerja, Diselamatkan Mahasiswa

Ratusan lainnya ditahan saat kerusuhan dan protes di kota-kota lain pekan ini," tulis BBC. "

Polisi Indonesia menahan setidaknya 400 pengunjuk rasa, termasuk beberapa yang diduga bersenjata seperti bom molotov dan senjata tajam," lanjutnya.

Dijelaskan pula oleh media ternama asal Inggris itu, bahwa pemerintah membuat UU ini untuk membantu perekonomian Indonesia yang telah dipukul telak akibat pandemi virus corona.

BBC mengutip perkataan Presiden RI Joko Widodo, yang dalam wawancara pada Januari menyebut UU Cipta Kerja untuk menyederhanakan birokrasi dan membuka lebih lebar pintu bagi investor asing.

Tangkapan layar dari berita BBC yang menyoroti rusuhnya demo penolakan UU Cipta Kerja di Indonesia. (BBC)
Halaman
1234