Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara
HO - Kominfo Perstik Kutim
Bupati Kutai Timur, Ir H Ismunandar MT. 

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pinjaman Bank Jawa Tengah yang sudah masuk dalam APBD Perubahan Kabupaten Kutai Timur tahun 2018 lalu, sampai kini belum juga cair. Padahal, pinjaman tersebut sangat dibutuhkan pemerintah untuk membantu keuangan daerah dalam membangun wilayahnya, yang sedang dilanda defisit sejak 2016 lalu.

Bupati Kutai Timur, Ismunandar mengatakan proses peminjaman dana ke Bank Jateng sampai saat ini masih terus dilanjutkan. Karena pada dasarnya seluruh proses sudah dilalui dan sudah mendapat persetujuan pemerintah pusat. Tinggal melengkapi proses administrasinya saja.

“Tinggal Bankaltimtara saja lagi. Surat-surat yang dibutuhkan sudah kita penuhi. Tapi, mungkin Bankaltimtara sebagai bank penerima dan penampung dana pinjaman, ada persyaratan lain yang juga harus dipenuhi. Ada pendampingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), ya monggo. Namanya bank, ini kan lembaga yang memerlukan kehati-hatian tinggi,” ungkap Ismunandar, belum lama ini.

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Polisi Kutim Bersihkan Sampah di Pasar

Bupati Kutim Ismunandar Beri Beasiswa S2 untuk Lulusan STAIS Terbaik

Begitu juga dengan perencanaan pembayaran cicilan dan bunga pinjaman yang sudah disiapkan pemerintah, menurut Ismunandar, akan diadministrasikan lagi ke kas daerah. “Bunga ya kita bayarkan. Kalau belum, ya diadministrasikan lagi ke kas daerah,” ujarnya pada Tribun Kaltim.

Senada, Sekretaris Daerah (Sekda) Irawansyah pun mengatakan proses peminjaman dana sebesar Rp 278 miliar, tinggal menunggu persetujuan dari Bankaltimtara. “Persetujuan sebagai bank penampung dana pinjaman baru secara lisan. Namun, belum ada surat tertulis. Jadi kita tunggu dulu,” ujar Irawansyah.

Seperti diketahui, dalam kerja sama pinjaman dana segar oleh Pemkab Kutim pada Bank Jateng, diperkirakan kas daerah mendapat suntikan sebanyak Rp 278 miliar.

Wabub Kutim Kasmidi Bulang Tegas, TK2D Kasus Narkoba Pasti akan Dipecat

30 UKM di Kutim Lulus Program UKM Tangguh, Siap Pasarkan Produk Lokal ke Nasional dan Internasional

Pinjaman tersebut, untuk membiayai beberapa program kerja Pemkab Kutim di seluruh kecamatan. Baik infrastruktur jalan, kesehatan, pendidikan hingga infrastruktur umum lainnya. “Ya, hanya disetujui Rp 270 miliar. Program kerjanya juga sudah ditentukan oleh tim seleksi dari Kemendagri. Ada yang dicoret juga dari daftar usulan program. Seperti ada di situ tertulis, peningkatan jalan desa. Itu bukan kewenangannya. Padahal, maksudnya jalan antar desa. Tapi apa yang diperoleh sudah sangat membantu Pemkab Kutim dalam pembangunan,” ungkap Ismunandar. (*)

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved