Kabut Asap

Titik Api Tambah Banyak, Jarak Pandang pun Makin Pendek

Jarak pandang di Pulau Nunukan semakin pendek, menyusul semakin pekatnya kabut asap yang menyelimuti daerah ini beberapa hari ini terakhir.

Titik Api Tambah Banyak, Jarak Pandang pun Makin Pendek
TRIBUN KALTIM/NIKO RURU
Pengendara sepeda motor di Jalan Sungai Sembilang, Kecamatan Nunukan Selatan, Kamis (22/10/2015) harus mengenakan masker karena kondisi kabut asap yang semakin pekat. 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Jarak pandang di Pulau Nunukan semakin pendek, menyusul semakin pekatnya kabut asap yang menyelimuti daerah ini beberapa hari ini terakhir.

“Jarak pandang hanya sekitar satu kilometer dan membuat penerbangan pesawat Kalstar maupun Susi Air harus cancel flight,” kata Taufik Rahman, forecaster cuaca pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Nunukan, Kamis (22/10/2015).

Disebutkannya, semakin pekatnya asap ini disebabkan karena bertambah banyak titik api di Kalimantan Timur. Asap dari kebakaran tersebut terbawa angin yang bertiup dari selatan barat daya menuju ke utara.

Baca: Disdik Abaikan Saran Dinkes untuk Liburkan Sekolah

“Imbasnya asap yang semakin pekat mengepung Nunukan,” ujarnya.

Berdasarkan data BMKG, ada 108 titik api yang tersebar di seluruh Pulau Kalimantan. Terbesar berada di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Sementara 37 titik api berada di Kalimantan Timur.

''Ada tambahan sekitar empat titik api kemarin. Ini yang membuat asap di Nunukan semakin pekat. Jadi asap itu terus bergerak. Kemarin bergerak sekarang baru sampai,” ujarnya.

Hujan yang mengguyur Pulau Nunukan pada malam dan pagi hari, tak mampu menghalau kabut asap dimaksud. (*)

***

UPDATE berita eksklusif, terkini, unik dan menarik dari Kalimantan. Like fb TribunKaltim.co  Follow  @tribunkaltim Tonton Video Youtube TribunKaltim

Penulis: Niko Ruru
Editor: Trinilo Umardini
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved