DPRD Kukar Belajar ke Disdukcapil Kutim Cara Penerbitan Surat Domisili Bagi Warga Tak Terdaftar DPT

DPRD Kukar Belajar ke Disdukcapil Kutim Cara Penerbitan Surat Domisili Bagi Warga Tak Terdaftar DPT

DPRD Kukar Belajar ke Disdukcapil Kutim Cara Penerbitan Surat Domisili Bagi Warga Tak Terdaftar DPT
TRIBUN KALTIM / MARGARET SARITA
Pertemuan jajaran Disdukcapil Kutim dengan Komisi I DPRD Kukar. 

DPRD Kukar Belajar ke Disdukcapil Kutim Cara Penerbitan Surat Domisili Bagi Warga Tak Terdaftar DPT

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA – Anggota Komisi I DPRD Kutai Kartanegara kembali mengunjungi Kabupaten Kutai Timur, Rabu (6/3/2019) lalu. Tepatnya ke Kantor Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kutim.

Kunjungan kali ini untuk mengetahui lebih jauh tentang pelayanan pada masyarakat dan permasalahan yang dihadapi. Terutama terkait pemberian surat keterangan domisili pada warga yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). “Kedatangan kami untuk menindaklanjuti hasil konsultasi DPRD Kukar dengan KPU Pusat dua pekan lalu. Karena kemungkinan Surat Keterangan (Suket) tidak akan berlaku di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pileg dan Pilpres mendatang,” ujar Ketua Rombongan DPRD Kukar, Sudarmin.

Sebelumnya, kata Sudarmin, pihaknya juga sudah ke Kota Tanggerang. Di sana tidak ada masalah dalam pencetakan KTP el, sehingga tak ada warga yang berlama-lama memegang surat keterangan. Sementara di Kukar, dan di Kutim diketahui banyak warga yang masih memegang suket karena pencetakan KTP el tersendat.

“Di Kukar, sudah ada 40.080 warga yang melakukan perekaman, tapi KTP el nya belum dicetak. Ini menjadi masalah, karena dalam data online NIK dan data pemilih, NIK pada suket belum muncul di TPS dimana pemegang suket ikut pemilihan,” ujar Sudarmin.

Wabup Kutim Kasmidi Bulang Jabat Ketua Persatuan Atletik (PASI) Kaltim

Dewan Adat Dayak Kaltim Melantik Dewan Adat Dayak Kutim yang Diketuai Harpandi SE

Menanggapi hal tersebut, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pamkesra), Suko Buwono bersama Kepala Disdukcapil Kutim, Januar HLPA mengatakan permasalahan tentang KTP el di Kutim selalu dibicarakan dengan legislatif. Terutama soal perekaman yang kini terus dilakukan, di beberapa kecamatan yang jauh dari ibukota kabupaten. Dengan menggunakan cara jemput bola.

“Mereka yang mendapat surat keterangan, adalah yang sudah melakukan perekeman KTP el. Selanjutnya, kita pastikan data mereka sudah masuk dalam database. Sehingga meski belum mendapat KTP el yang cetak, data kependudukan mereka sudah valid,” ujar Januar.

Meski demikian, lanjut Januar, permasalahan pencetakan KTP el yang dialami Kabupaten Kukar juga dialami Kutim. “Cara mengatasinya adalah terus berupaya meminta ke pusat untuk pengadaan material KTP el, agar seluruh warga Kutim memegang KTP el, bukan suket lagi pada saat Pileg dan Pilpres mendatang,” kata Januar.(*)

Dana Pinjaman Rp 278 M Pemkab Kutim Menunggu Persetujuan Bankaltimtara

Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Polisi Kutim Bersihkan Sampah di Pasar

Penulis: Margaret Sarita
Editor: Reza Rasyid Umar
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved