Pilkada Serentak 2020

KPU di Wilayah Kaltim Mulai Ajukan Anggaran Pilkada 2020, KPU Kukar Ajukan Anggaran Rp70 Miliar

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan segera memasuki tahapan. Bila sesuai jadwal, maka tahapan akan dimulai pada September tahun ini

KPU di Wilayah Kaltim Mulai Ajukan Anggaran Pilkada 2020, KPU Kukar  Ajukan Anggaran Rp70 Miliar
Ilustrasi Pilkada Serentak 2020 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 akan segera memasuki tahapan. Bila sesuai jadwal, maka tahapan akan dimulai pada September tahun ini dan hari pemungutan suara akan digelar 23 September 2020 mendatang.

Untuk di Kalimantan Timur, dari 10 kabupaten/kota sebanyak 9 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada Serentak kecuali Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). Bukan hanya itu, Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim juga tak dilaksanakan.

Dari 9 kabupaten/kota yang melaksanakan adalah Kabupaten Paser, Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Kota Bontang, Kutai Timur dan Berau serta Kutai Kartanegara.

Bahkan menjelang memasuki tahapan Pilkada Serentak ini, kabupaten/kota yang akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan tersebut mulai mengajukan anggaran pelaksanaan kepada pemerintah daerah.

Besaran yang mereka ajukan pun bervariasi. Anggaran tersebut selain digunakan untuk operasional KPU juga untuk honor petugas KPPS serta untuk cetak surat suara serta untuk pengamanan.

Untuk di Kabupaten Kutai Timur, KPU setempat telah menyusun  rancangan pembiayaan dan kebutuhan anggaran.  Ketua KPU Kutai Timur Ulfa menyampaikan kebutuhan anggaran untuk menyelenggarakan Pilkada Kutai Timur mencapai Rp 59 miliar.

Penyerahan SK KPU Kutim terkait Bupati dan Wakil Bupati Kutim terpilih.Tahun 2020 mendatang akan kembali melaksanakan Pilkada serentak
Penyerahan SK KPU Kutim terkait Bupati dan Wakil Bupati Kutim terpilih.Tahun 2020 mendatang akan kembali melaksanakan Pilkada serentak (TRIBUN KALTIM/MARGARET SARITA)

Alokasi tersebut sudah mencakup semua penyelenggaraan, mulai dari pengadaan logistik, pengamanan, distribusi logistik serta biaya pertemuan dan rapat koordinasi, baik di daerah maupun di luar daerah.

Sementara untuk Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau juga telah mengajukan anggaran sebesar Rp 43 miliar, untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2020 yang akan menentukan calon bupati dan wakil bupati di tahun 2020 mendatang.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua KPU Berau, Budi Harianto. Ia  mengungkapkan, semula KPU memang mengajukan anggaran sebesar Rp 43 miliar.

KPU Berau menetapkan pasangan Muharram-Agus Tantomo sebagai pasngan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 di Hotel Grand Parama, Kamis (28/1/2016) kemarin.KPU Berau akan kembali melaksanakan Pilkada serentak 2020
KPU Berau menetapkan pasangan Muharram-Agus Tantomo sebagai pasngan Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2016-2021 di Hotel Grand Parama, Kamis (28/1/2016) kemarin.KPU Berau akan kembali melaksanakan Pilkada serentak 2020 (TRIBUN KALTIM / GEAFRY NECOLSEN)

Anggaran ini dibagi dalam beberapa tahap, tahap pertama KPU hanya mengajukan Rp 4 miliar yang bersumber dari APBD Perubahan 2019.

Halaman
1234
Penulis: Samir Paturusi
Editor: Kholish Chered
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved