Polisi Ungkap Kasus Ekspoitasi Anak, 20 Anak-anak di Medan Dijadikan Pengemis Pada Malam Hari

Sebanyak 20 anak-anak yang selama ini dijadikan pengemis di di Simpang Jalan Sei Sikambing, Jalan Kapten Muslim dan Jalan Gatot Subroto,diamankan

Polisi Ungkap Kasus Ekspoitasi Anak, 20 Anak-anak di Medan Dijadikan Pengemis Pada Malam Hari
TribunKaltim.CO/HO/Kompas.Com
Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto didampingi Kapolsek Medan Helvetia Kompol Sah Udur mewawancarai salah satu orang yang diamankan terkait kasus dugaan eksploitasi anak menjadi pengemis di mapolsek Medan Helvetia, Kamis (18/9/2019). Sebanyak 20 anak dan 5 orang dewasa diamankan Polsek Medan Helvetia. 

TRIBUNKALTIM.CO,MEDAN-Sebanyak 20 anak-anak yang selama ini dijadikan pengemis di di Simpang Jalan Sei Sikambing, Jalan Kapten Muslim dan Jalan Gatot Subroto, Medan akhirnya diamankan.

Sementara itu, lima wanita yang terkait dengan kasus eksploitasi anak berhasil ditangkap Kepolisian Sektor Medan Helvetia

Pengungkapan kasus  ini berawal dari adanya laporan masyarakat bahwa di beberapa titik di Medan terdapat pengemis yang menggunakan anak kecil.

Polisi kemudian mengecek ke lapangan dan menemukan mereka di wilayah Medan Helvetia.

Anak-anak Sedang Tidur Saat Sekolah Alquran Terbakar, 28 Orang Termasuk Dua Guru Tewas.

Mencuat Tindakan Asusila Terhadap Anak-anak oleh Oknum Kepolisian, Kohati Balikpapan akan Unjuk Rasa

"Kita dapat, datanya ada yakni 20 anak dan 5 ibu-ibu," kata  Kapolrestabes Medan Kombes Dadang Hartanto kepada wartawan di Mapolsek Medan Helvetia, Kamis (19/9/2019).

Kasus ini menjadi perhatian karena menggunakan anak-anak balita, mulai dari yang berusia 1,5 tahun dan 2 tahun sebanyak lima orang.

Selebihnya berusia belasan tahun atau masih duduk di bangku SD dan SMP. Anak-anak tersebut mengemis di jalanan dari pukul 20.00 - 22.30 WIB.

Anak-anak digunakan untuk membuat orang merasa iba kemudian memberikan uang.

"Kondisi di luar sana, apalagi malam hari itu kan tidak baik bagi anak-anak. Mereka itu bisa dapat Rp 40.000 - Rp 50.000 dari jam 20.00 sampai 22.30," kata Dadang.

6 Fakta Identitas Oknum Kepolisian Balikpapan yang Berbuat Asusila Terhadap Anak-anak Perempuan SD

10 Gembel Pengemis Terjaring Razia, Satpol PP Temukan Jimat. Untuk Apa?

Hal yang dilakukan termasuk dalam eksploitasi anak. "Kita sudah lakukan identifikasi, kita datangi rumahnya. kita perintahkan Polsek Percut. Jadi mereka ini satu lingkungan," katanya.

Halaman
12
Editor: Samir Paturusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved