Merawat Cucunya Sampai Umur 9 Tahun, Seorang Nenek Gugat Putra dan Menantunya Rp 277 Juta

Hanya karena merawat dan membesarkan cucunya, seorang nenek di China mengajukan gugatan kepada anak dan menantu.

Merawat Cucunya Sampai Umur 9 Tahun, Seorang Nenek Gugat Putra dan Menantunya Rp 277 Juta
(Shutterstock)
Ilustrasi 

TRIBUNKALTIM.CO,BEIJING-Hanya karena merawat dan membesarkan cucunya, seorang nenek di China mengajukan gugatan kepada anak dan menantunya.

Ia menuntut putra dan menantunya untuk membayar Rp 140.000 yuan, sekitar Rp 277 juta pada April lalu karena telah merawat dan membesarkan cucunya sampai umur 9 tahun.

Diberitakan Asia One Kamis (19/9/2019) via Kompas.Com,  jumlah itu merupakan ganti rugi setelah nenek bermarga Wang itu membesarkan sang cucu yang kini berumur sembilan tahun.

Tak bisa Ambil Gaji Gara-gara Diblokir, Denny Setiawan Gugat BRI Rp 1 Miliar

Oh Yeon Seo Gugat Goo Hye Sun Setelah Menuduh Dirinya Selingkuh dengan Ahn Jae Hyun

Namun berdasarkan laporan media China, hakim memerintahkan keduanya membayar si nenek setengahnya, atau 70.000 yuan, sekitar Rp 138,8 juta.

Wang menuturkan, dia memutuskan untuk membesarkan cucunya sejak dia berusia satu tahun, dan membayar biaya mulai dari uang sekolah hingga obat-obatan.

Niat Wang mulia. Dia hanya ingin membawa kebahagiaan bagi keluarga itu.

Namun putra Wang dan istrinya memutuskan bercerai pada April lalu. Sang nenek yang sangat kecewa memutuskan menggugat keduanya di pengadilan demi mendapatkan uang untuk memastikan masa depan cucunya.

Hakim yang menyidangkan kasus itu pada Selasa (17/9/2019) mengatakan meski umum nenek atau kakek mengasuh cucunya saat orangtua bekerja, mereka tetap harus menanggung biaya anak mereka.

Menantu Wang yang tidak disebutkan identitasnya itu menuturkan, dia bersedia untuk membayar seperti yang diminta asal dia bisa bercerai.

Kisah Wang kemudian menjadi viral di mana netizen China terbelah antara yang mendukung dan menyayangkan keputusan si nenek membawa ke ranah hukum.

Pemerintah Malaysia Ajukan Gugatan Perdata Untuk Tarik Kembali Rp 13,4 Triliun Dari Skandal 1MDB

Digugat Cerai Istri Hanya Gara-gara Terlalu Sibuk Belajar

"Bahkan menyewa pengasuh itu tidak murah. Permintaan dari nenek ini termasuk masuk akal menurut saya," ujar salah satu netizen di media sosial.

Di sisi lain, ada warganet yang menyarankan supaya Wang tidak terlalu perhitungan. Apalagi banyak kasus di mana anak sering ditekan untuk memberikan cucu.

Ada juga netizen yang mempertanyakan motivasi Wang ketika memperkarakan putra dan menantunya. Mereka menduga gugatan itu karena perceraian.

Wanita Ini Gugat Cerai Suaminya Gara-gara Terlalu Baik, Sang Suami Memohon Pengadilan Tolak Gugatan

10 Tahun Pacaran, 8 Bulan Nikah,Liam Hemsworth Resmi Gugat Cerai Miley Cyrus Tak Ada Harta Gono Gini

Pada Juli lalu, seorang nenek mendapatkan 100.000 yuan, atau Rp 198,3 juta, setelah menggugat anak dan menantunya untuk membayar biaya yang dia keluarkan untuk membesarkan cucunya. (*)

Editor: Samir Paturusi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved