Puluhan Ahli Jantung Se Indonesia Berkumpul di RSUD AW Syahranie, Nobar Live Operasi Katup Mitral

Angka kasus penyakit jantung termasuk kelainan katup di Indonesia terutama pada kasus katup mitral tergolong sangat tinggi.

Puluhan Ahli Jantung Se Indonesia Berkumpul di RSUD AW Syahranie, Nobar Live Operasi Katup Mitral
TRIBUN KALTIM / CHRISTOPER D
Peserta workshop pembedahan katup mitral melihat langsung proses operasi bedah jantung oleh tim bedah jantung RSUD AW Syahranie, Sabtu (28/9/2019) 

TRIBUNKALTIM.CO - Angka kasus penyakit jantung termasuk kelainan katup di Indonesia terutama pada kasus katup mitral tergolong sangat tinggi.

Di beberapa pusat pelayanan bedah jantung, penyakit katup mitral adalah yang terbanyak dibandingkan penyakit katup jantung lainnya.

Dan, menempati urutan kedua kasus terbanyak pada kasus bedah jantung dewasa setelah kasus penyakit arteria koroner yang membutuhkan pembedahan.

Jaga Jantung Tetap Sehat, PR Aston Balikpapan Sering Lakukan Hal Ini dengan Rekan Kantornya

Wanita Berusia 73 Tahun Melahirkan Bayi Kembar di India, Sang Suami Malah Kena Serangan Jantung

Diduga Terkena Serangan Jantung, Pria Ini Tiba-tiba Meninggal Dunia saat Mobilnya Distop Polisi

Dokter di China Kaget, Kok Jarum bisa Berada di Jantung Bocah 11 Tahun

Penyakit katup mitral di Indonesia umumnya merupakan kelanjutan dari penyakit jantung reumatik, penyebab lain adalah proses degenaratif dan iskemia.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan pelayanan kesehatan jantung, saat ini setidaknya ada 19 center pelayanan bedah jantung baru yang dikembangkan di Indonesia.

Sebagian besar terdiri dari ahli bedah muda yang memiliki keinginan kuat untuk belajar lebih jauh mengenai penyakit katup jantung mitral secara lebih komperhensif dan mendorong para ahli muda baru untuk memiliki standard layanan pembedahan katup mitral yang lebih tinggi.

Namun, untuk dapat melakukan pelayanan yang memiliki keluaran yang baik, dibutuhkan pengalaman klinis yang mumpuni dan kerjasama tim yang baik.

Tidak dapat dipungkiri bahwa, keberhasilan operasi katup mitral tidak hanya ditentukan saat pembedahan, tetapi juga oleh manajemen pre-operatif yang baik dan informatif, perencanaan strategi pembedahan, proses pembedahan yang aman, dan pengelolaan paska operasi.

Selain dokter spesialis bedah jantung, operasi tersebut juga melibatkan peran dokter spesialis jantung dan dokter anesthesia yang memperdalam bedah jantung.

Pengenalan dan pengetahuan terhadap penggunaan TEE (Trans-Esophageal Echocardiografi) oleh semua pihak yang terkait dalam layanan bedah katup mitral akan turut memberikan strategi pembedahan yang tepat dan hasil keluaran yang lebih baik.

Halaman
12
Penulis: Christoper Desmawangga
Editor: Januar Alamijaya
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved