Pilkada Samarinda

Anggaran Diturunkan Rp 1 Miliar, Begini Cara KPU Samarinda Merasionalisasi Dana Pilkada Samarinda

Ketua KPU Samarinda Firman Hidayat, menjelaskan proses rasionalisasi penurunan nominal anggaran Pilkada, menggunakan cara mengurangi jumlah TPS

Anggaran Diturunkan Rp 1 Miliar, Begini Cara KPU Samarinda Merasionalisasi Dana Pilkada Samarinda
TRIBUNKALTIM.CO/ CAHYO WICAKSONO PUTRO
Firman Hidayat, Ketua KPU Samarinda, saat ditemui awak media di Kantor KPU Samarinda, di Jl. Juanda, Samarinda, pada Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNKALTIM.CO SAMARINDA - Anggaran Diturunkan Rp 1 Miliar, Begini Cara KPU Samarinda Merasionalisasi Dana Pilkada Samarinda

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda Firman Hidayat, menjelaskan proses rasionalisasi penurunan nominal anggaran Pilkada, menggunakan cara mengurangi jumlah TPS.

Ketua KPU Samarinda mengatakan, nominal anggaran yang dialokasikan ke KPU Samarinda lebih besar dari pada anggaran KPU Balikpapan.

NPHD untuk Pilkada Samarinda Hanya Diteken Wawali, Ini yang akan Dilakukan KPU Samarinda

Rapat Anggaran Pilkada 2020, Pihak Pemkot dan KPU Samarinda Belum Menemui Kata Sepakat

KPU Samarinda Ambil Pelajaran dari Kasus PPK Loa Janan Ilir yang Masuk Penjara, Perketat Seleksi PPK

Masih Sisakan Satu Kecamatan, KPU Samarinda Tunda Pleno Rekapitulasi Sampai Besok Hari

Namun tak lebih besar dari anggaran yang dialokasikan Pemkab Kutai Kartanegara kepada KPU Kutai Kartanegara, hal itu dikarenakan luas wilayah yang jauh lebih besar.

"Anggaran Pilkada di KPU Samarinda lebih besar dari KPU Balikpapan, kita lebih besar dan lebih banyak.

Balikpapan itu Rp. 53,5 miliar, kalau kita Rp. 56 miliar. Tapi kalau kita dibandingkan sama Kutai Kartanegara memang kita jauh di bawah, Kukar itu kabarnya dapat Rp.75 miliar.

Nah kenapa mereka lebih besar, karena memang dipahami secara geografis, Kukar kan wilayah Kabupaten yang jauh lebih luas wilayahnya, dan lebih besar," jelas Firman Hidayat, Ketua KPU Samarinda, Selasa (1/10/2019).

Salah satu contoh yang disampaikan Firman, yaitu mahalnya alat transportasi di Kukar, dikatakan jauh lebih tinggi dari Kota lainnya di Kaltim.

"Jadi perlu kita pahami saja kalau misalnya transportasi, mereka yang lebih memakan bajet, makanya kan banyak yang lewat sungai gitu kan.

Memang ongkosnya lebih mahal, kita di Samarinda semua itu kan bisa terjangkau, secara transportasi bisa dijangkau misalnya, wilayah paling jauh paling Palaran," ujar Firman.

Halaman
12
Penulis: Cahyo Wicaksono Putro
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved