Ibu Kota Negara

Tren Properti Positif, Berkah dari Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara ke Kaltim

Perlambatan ekonomi beberapa tahun belakangan dipengaruhi anjloknya harga batu bara, menyebabkan sektor-sektor lain terkena imbas, termasuk properti.

Tribunkaltim.co, Heriani
Asisten Manager Promosi Balikpapan Regency Fitra Ramadian dan Humas & Enviroment Balikpapan Regency Carkim Sumirya saat diwawancara Tribunkaltim.co beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Perlambatan ekonomi beberapa tahun belakangan dipengaruhi anjloknya harga batu bara, menyebabkan sektor-sektor lain terkena imbas, termasuk properti.

Kota Balikpapan merupakan kota industri penghasil oil & gas terbesar di Indonesia, dimana banyak pendatang yang menetap karena kebutuhan pekerjaan, pun sekadar berinvestasi.

Namun, iklim properti saat ini menunjukkan angka positif. Humas & Enviroment Balikpapan Regency Carkim Sumirya menuturkan, kenaikan permintaan properti dewasa kita tidak lepas dari pengaruh pemindahan Ibu Kota Negara ( IKN ) di Kalimantan Timur. Apalagi Balikpapan adalah kota penyangga utamanya.

"Trennya saat ini meski tidak sama seperti pertama kali diumumkan IKN, kecenderungan tidak terlalu melonjak namun tetap bertahan sedikit-sedikit kenaikannya. Tidak seperti bulan pertama diumumkan IKN," ujarnya, Senin (16/3/2020).

Harga Properti Residensial Kota Balikpapan Tumbuh Terbatas pada Triwulan IV-2019

Carkim menyebutkan, permintaan akan properti cukup baik dan cenderung lebih banyak dibanding kondisi tahun sebelumnya. Saat ini, permintaan properti cukup menggembirakan.

"Kalau sekarang tetap sama ( tingkat permintaan banyak ) namun euforia tidak seperti waktu awal-awal IKN. Mungkin kalau pemerintah memberikan langkah-langkah konkret untuk IKN, bisa menggenjot lagi," tambahnya.

Diungkapkannya, saat pengumuman IKN oleh Presiden Joko Widodo 26 Agustus 2019 lalu, permintaan properti di Balikpapan Regency meningkat significant.

Meski saat ini geliat pembangunan infrastruktur IKN belum nampak, Carkim optimis pemindahan IKN akan membawa angin segar diberbagai sektor, termasuk investasi properti.

"Dibantu dengan pemberitaan dari media saat ada kunjungan dari menteri-menteri dan sebagainya membantu tren penjualan properti," tukasnya.

Kalimantan Timur jadi Ibu Kota Negara, Permintaan Properti Ternyata Belum Signifikan

Dilantik Gubernur Irianto Lambrie, Target Direktur Utama PT Benuanta Kaltara Jaya Bidik Properti

Balikpapan Regency adalah areal perumahan dengan luas tanah lebih dari 100 ha. Mulai dikembangkan sejak 1 November 1994. Balikpapan Regency merupakan kawasan yang terintegrasi dengan fasilitas umum dan kemudahan akses menuju fasilitas kota.

Halaman
12
Penulis: Heriani AM
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved