Virus Corona di Balikpapan

Pandemi Virus Corona, 17 WBP Lapas Kelas IIA Balikpapan Dipulangkan, Menyusul 78 Orang Lagi

Pandemi Virus Corona, 17 WBP Lapas Kelas IIA Balikpapan Dipulangkan, Menyusul 78 Orang Lagi

HO/Humas Lapas Klas IIA Balikpapan
Para warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lapas Klas IIB Balikpapan berfoto bersama setelah mendapatkan surat untuk menjalankan asimilasi mulai hari ini, Rabu (1/4/2020). Pandemi Virus Corona, 17 WBP Lapas Kelas IIA Balikpapan Dipulangkan, Menyusul 78 Orang Lagi 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Di tengah wabah covid-19 yang melanda seluruh penjuru Tanah Air,

Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pemasyarakatan bergerak cepat membuat kebijakan dalam penanggulangan dan pengendalian Virus Corona agar tidak masuk ke lingkungan lapas dan rutan seluruh Indonesia.

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Balikpapan langsung bergerak berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 10 Tahun 2020 dan Kepmenkumham No. M-HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 Surat Edaran Dirjenpas Nomor : Pas-497.Pk.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi,

atas dasar tersebut sebanyak 17 orang warga Binaan Lapas Kelas IIA Balikpapan menjalankan asimilasi atau dirumahkan pada Rabu (1/4/2020).

Kepala Lapas Kelas IIA Balikpapan, S.E.G Johannes menjelaskan, pihaknya melaksanakan program tersebut dan segera menyusul lainnya setelah proses administrasi selesai agar mengurangi tingkat risiko rentan penularan covid-19.

“Berdasarkan arahan dari Plt Dirjenpas, Kakanwil dan Kadiv.Pas, kami langsung menindaklanjuti, mendata dan merekap napi mana saja yang memenuhi syarat dan layak untuk diasimilasikan di rumah,

hasilnya 17 orang WBP pada hari ini, Rabu 1 April, bisa langsung kami asimilasikan di rumah, dan menyusul 78 orang lagi yang sedang dalam proses kelengkapan administrasinya,” ujar Kalapas.

Virus Corona Ancam Kesehatan Mental Atlet PON, Simak Penjelasan Psikolog KONI Kaltim

Pemkab Kukar Gratiskan Tagihan Air PDAM Selama Pandemi Corona, Yang Telanjur Bayar Akan Dikembalikan

Dia pun berharap dalam dua atau tiga hari ke depan, para warga binaan yang memenuhi persyaratan bisa dapat diasimilasikan.

"Kita akan selalu siap dan mendukung kebijakan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Hukum dan HAM dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, tentunya tetap dengan mengedepankan SOP dan berdasarkan aturan yang berlaku," ucapnya melalui siaran pers kepada Tribunkaltim.co. (*)

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved