Virus Corona di Balikpapan

Penutupan Jalan Mulai Diberlakukan, Ada Penumpukan Kendaraan di Simpang Bandara SAMS Balikpapan

Penutupan ruas jalan simpang Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau Bandara SAMS yang menghubungkan Jalan Marsma R. Iswahyudi

TribunKaltim.co/Bella Evanglista
Petugas gabungan mengatur lalu lintas pada penutupan jalan di simpang bandara Kota Balikpapan, (3/4/2020). Untuk penekanan penyebaran covid-19 pemkot Balikpapan melakukan lagi penutupan di 8 ruas jalan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Penutupan ruas jalan simpang Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman atau Bandara SAMS yang menghubungkan Jalan Marsma R. Iswahyudi dan Jalan Syarifuddin Yoes mulai pukul 09.00 Wita, Jumat (3/4/2020), menyebabkan penumpukan kendaraan di ruas jalan tersebut.

Penutupan ini dilakukan oleh aparat Kepolisian dibantu Dishub (Dinas Perhubungan) guna menanggapi surat edaran terkait penutupan sejumlah ruas jalan yang dikeluarkan oleh pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada Rabu (1/4/2020).

Tak ayal, penutupan tersebut menyebabkan ruas jalan dipadati oleh barisan kendaraan roda empat dan roda dua yang bergantian melewati pemeriksaan keamanan.

Adapun kendaraan yang diijinkan melintas adalah ambulans, pihak militer, kendaraan umum yang membawa orang sakit, ojek online pengantar makanan dan kendaraan pengantar logistik dengan surat jalan.

Kendati pemerintah Kota Balikpapan telah mengeluarkan surat edaran tersebut jauh sebelumnya, masih terlihat sejumlah warga yang tidak berkepentingan ikut serta memadati ruas jalan tersebut.

BACA JUGA: 

 Pemkot Tarakan Jemput Kembali 11 Jamaah Tabliq Ijtima Dunia Cluster Gowa Sulawesi Selatan

 Pemkot Balikpapan Gelar Rapid Test, 50 Orang Kontak Erat Cluster Ijtima Dunia di Gowa Negatif Corona

 BREAKING NEWS 4 Warga Nunukan Positif Covid-19, Kasus Corona di Kalimantan Utara Bertambah Jadi 6

Oleh pihak keamanan, warga tersebut diminta untuk kembali ke rumah masing-masing.

Kendati demikian, terdapat sebagian warga yang berusaha menerobos barikade pembatas jalan yang dibuat oleh pihak keamanan.

Kondisi ini menyebabkan sebagian polisi terpaksa harus menertibkan warga tersebut dengan tegas.

Petugas gabungan mengatur lalu lintas pada penutupan jalan di simpang Bandara SAMS Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (3/4/2020) siang. Untuk penekanan penyebaran covid-19 pemkot Balikpapan melakukan lagi penutupan di 8 ruas jalan.
Petugas gabungan mengatur lalu lintas pada penutupan jalan di simpang Bandara SAMS Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (3/4/2020) siang. Untuk penekanan penyebaran covid-19 pemkot Balikpapan melakukan lagi penutupan di 8 ruas jalan. (TribunKaltim.co/Bella Evanglista)

"Penutupan ini tidak dilakukan 24 jam non-stop. Jadi ada beberapa jam waktu dilakukan pembukaan. Bagi masyarakat yang ingin melakukan pembelian logistik di pasar, bisa dilakukan di luar jam tersebut," ujar Kasat Lantas, Kompol Irawan Setyono.

Mendukung hal tersebut, walikota Balikpapan, Rizal Effendi, mengatakan sejumlah ruas jalan yang ditutup memang merupakan jalan vital bagi masyarakat,
Rabu (1/4/2020).

Terlepas dari pada itu, pihaknya berharap agar masyarakat ikut serta mendukung pemerintah dengan cara physical distancing dan membatasi aktifitas di luar rumah, kecuali bagi keperluan mendesak seperti yang telah termuat di dalam surat edaran pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

(Tribunkaltim.co)

Penulis: Bella Evanglista
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved