Virus Corona di Balikpapan

Penutupan Jalan di Balikpapan Masa Pandemi Corona Dievaluasi, Pemkot Menimbang Kelancaran Distribusi

Pemerintah Kota Balikpapan atau Pemkot Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu telah mengeluarkan kebijakan mengenai penutupan jalan.

TribunKaltim.co/Budi Susilo
Papan informasi pemeriksaan siaga tangkal virus Covid-19. Proses siaga Virus Corona di perumahan Jokowi Pesona Bukit Batuah, Kota Balikpapan Kalimantan Timur, Senin (6/4/2020). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan atau Pemkot Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur beberapa waktu lalu telah mengeluarkan kebijakan mengenai pengetatan sosial.

Salah satu implementasi dari kebijakan tersebut yakni dengan menutup beberapa ruas jalan utama pada jam yang telah ditentukan.

Penutupan ruas jalan tersebut sebelumnya meliputi 15 ruas jalan dengan 19 titik.

Dari beberapa ruas jalan yang telah dicatatkan, terdapat beberapa ruas jalan yang kiranya masih dalam evaluasi.

Seperti yang dijelaskan Kepala Satpol PP Kota Balikpapan Zulkifli, terdapat beberapa pertimbangan yang masih harus dipikirkan oleh pemerintah kota.

BACA JUGA:

 Pasien Positif Covid-19 Tambahan di Samarinda, Bukan dari Kluster Manapun, Riwayat ke Acara di Bogor

 Lawan Covid-19, Warga Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan Resmi Karantina Wilayah

 Karantina Wilayah Pesona Bukit Batuah dan Taman Sari Balikpapan, Begini Penerapan Sistem Keamanannya

"Untuk beberapa ruas jalan penutupan, bukan tidak jadi ditutup tapi masih dalam evaluasi lagi. Karena kita memperhitungkan dilapangan secara teknis mengenai kelengkapan kita," ujar Zulkifli kepada Tribunkaltim.co.

Selain itu, keterbatasan personel yang dimiliki juga menjadi pertimbangan lain. Bahkan evaluasi jalan ini juga dilakukan demi memperhatikan arahan Presiden Joko Widodo.

Bahwasannya jangan sampai blokir jalan untuk mendukung pengetatan sosial, justru menghambat distribusi barang terutama sembako di daerah.

Petugas gabungan mengatur lalu lintas pada penutupan jalan di simpang bandara Kota Balikpapan, (3/4/2020). Untuk penekanan penyebaran covid-19 pemkot Balikpapan melakukan lagi penutupan di 8 ruas jalan.
Petugas gabungan mengatur lalu lintas pada penutupan jalan di simpang bandara Kota Balikpapan, (3/4/2020). Untuk penekanan penyebaran covid-19 pemkot Balikpapan melakukan lagi penutupan di 8 ruas jalan. (TribunKaltim.co/Bella Evanglista)

Maka itu, khusus pada ruas jalan lintas kota yakni Jalan Mulawarman dan Jalan Soekarno-Hatta Kota Balikpapan, perlu mendapat pertimbangan secara matang.

"Jadi dengan ini kita masih memperhitungkan kondisi dilapangan. Memang masih dievaluasi karena arahan dari pemerintah pusat yang mengatakan jangan sampai menghambat kelancaran distribusi," tandasnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

( TribunKaltim.co/Mitha )

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved