Virus Corona di Balikpapan

Tangani Covid-19, Pemkot Balikpapan Perkirakan Dana Singgah Mencapai Rp 50 Miliar

Pemkot Balikpapan perkirakan dana sebanyak Rp 50 Miliar akan terkumpul masuk dari berbagai sumbangan dan pengalihan anggaran. Walikota Rizal optimisti

Tribunkaltim.co, Fachmi Rachman
Walikota Balikpapan Rizal Effendi 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Pemkot Balikpapan perkirakan dana sebanyak Rp 50 Miliar akan terkumpul masuk dari berbagai sumbangan dan pengalihan anggaran.

Walikota Balikpapan Rizal Effendi optimistis, sebab beberapa dana telah dialihkan fokus untuk penanganan Covid-19 arau Virus Corona.

Seperti misalnya dana yang telah digalang oleh para pengusaha, saat ini telah terkumpul hingga Rp 1 Miliar.

Belum lagi dana pengalihan anggaran perjalanan dinas, kegiatan focus group discussion (FGD) maupun konsumsi para wakil rakyat sebesar Rp 6,5 miliar.

Sementara itu, dana Pilkada Serentak yang harusnya diberi kepada penyelenggara pemilihan pun turut dialihkan demi tuntasnya permasalahan wabah pandemi ini.

"Kira-kira kita punya uang hampir sekira Rp 50 M nanti yang bisa dimanfaatkan. Kita harus memikirkan bantuan sosial akibat ini. Jadi kita gabung dengan dana sisa Pilkada, yang dari KPU juga kita gabung," ujar Rizal Effendi.

Kadin Balikpapan Tawarkan Formulasi dalam Gairahkan Ekonomi Kala Pandemi Virus Corona

Dinilai Langka, RS Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan Sterilisasi APD, Tujuan Bisa Digunakan Kembali

Penutupan Jalan di Balikpapan Masa Pandemi Corona Dievaluasi, Pemkot Menimbang Kelancaran Distribusi

Kabar Gembira di Balikpapan, ODP di Pandemi Virus Corona Berkurang, Positif Covid-19 Tidak Bertambah

Nantinya apabila telah terkumpul, pemanfaatan dana tersebut akan dibicarakan secara bersama.

Baik akan dimanfaatkan untuk membeli kepentingan Alat Pelindung Diri (APD) maupun untuk masyarakat yang terkena dampak ekonomi imbas wabah pandemi Covid-19.

"Nanti masuk ke anggaran yang telah kita siapkan untuk penanganan virus corona. Baik untuk penanganan kesehatan maupun penanganan dampak ekonominya," jelas Rizal.

Sebelumnya, DPRD Kota Balikpapan bahkan memperkirakan dana yang akan digunakan untuk mangatasi Covid-19 bisa mencapai Rp 60 Miliar.

Jumlah anggaran itu pun tak dipungkiri Rizal Effendi. Ia menilai hal itu bisa saja terjadi dan terealisasi. Pasalnya saat ini pemerintah pusat pun telah menganggarkan APBN hingga Rp 400 Triliun untuk penanganan Covid-19.

"Bisa jadi memang, kita tidak tau kedepan seperti apa. Tapi seandainya ini panjang maka biaya yang dibutuhkan akan lebih besar lagi. Jadi betul saja kalau DPRD menghitung sampai segitu," tandasnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Balikpapan

Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Mathias Masan Ola
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved