Breaking News:

Pilkada Berau

Usai Daftar KPU, Dua Paslon Bupati dan Wabup Berau Akan Jalani Tes Kesehatan di RSKD Balikpapan

Dua pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Berau yakni Seri Marawiah- Agus Tantomo juga Muharram- Gamalis telah menyelesaikan proses pendaftaran

Penulis: Ikbal Nurkarim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO, IKBAL NURKARIM
Ketua KPU Berau Budi Harianto mengatakan, setelah proses pendaftaran kedua pasangan Bakal Calon Bupati Berau, selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Dua pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Berau yakni Seri Marawiah- Agus Tantomo juga Muharram- Gamalis telah menyelesaikan proses pendaftaran di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Berau.

Setelah dilakukan penelitian syarat pencalonan dan syarat bakal calon telah terpenuhi untuk mengikuti tahapan Pilkada Desember 2020 mendatang.

Ketua KPU Berau Budi Harianto mengatakan, setelah proses pendaftaran kedua pasangan Bakal Calon Bupati Berau tersebut, selanjutnya akan melakukan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) Kota Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Dua pasangan bakal calon akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan di RSUD Kanujoso Djatiwibowo Kota Balikpapan, sambil kami akan melakukan proses penelitian administrasi persyaratan calon," kata Budi Harianto ke TribunKaltim.co, Senin (7/9/2020).

"Kemudian ada waktu untuk kita umumkan, setelah diumumkan akan ada tanggapan masyarakat, jadi jika ada masyarakat ingin memberi tanggapan terkait pasangan calon kami persilakan," tuturnya.

Dia menyebutkan terkait dengan pemeriksaan kesehatan telah melakukan koordinasi dengan tim dokter yang sudah ditunjuk dan pemeriksaan kesehatan sendiri meliputi pemeriksaan kesehatan psikologi dan bebas narkotika.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan kenapa bukan di RSUD Abdul Rivai yang dijadikan lokasi tes kesehatan.

Menurutnya berdasarkan PKPU persyaratan rumah sakit harus tipe A, jika dalam daerah itu tidak ada rumah sakit tipe A maka dimungkinkan tipe B.

Baca juga: Seorang Mekanik di Berau Ditangkap Polisi, Rumahnya Digeledah Ditemukan 27,93 Gram Sabu

Baca juga: Dilecehkan 2 Politikus, Keponakan Prabowo Subianto Beri Respon Mengejutkan, Dianggap Kenormalan

"Sementara di rumah sakit di Berau masih di tipe C sehingga tidak masuk dalam persyaratan. Kenapa di Balikpapan karena beberapa pertimbangan, misal di Samarinda tidak memungkinkan karena Samarinda hanya menerima bakal pasangan calon dari Samarinda sendiri," tuturnya.

"Kalau di Kukar rumah sakit telah melayani tiga kabupaten, sehingga kami pilih Balikpapan juga aksesnya cepat dengan transportasi udara. Melalui pertimbangan tersebut dan kami sudah komunikasi dengan pihak rumah sakit," ucapnya.

Untuk pasangan calon sendiri, kata Budi Harianto, wajib mematuhi protokol kesehatan baik sebelum berangkat untuk tes kesehatan maupun saat di rumah sakit, tempat tes kesehatan berlangsung. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved