Breaking News:

Penanganan Covid

Sesuai Permendes Setiap Keluarga di Desa Menerima Rp 600 Ribu Selama 3 Bulan di Tengah Covid-19

BLT dari dana desa yang merupakan jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19 ini merupakan produk dari musyawarah desa dan melibatkan masyaraka

TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
TRIBUN/DANY PERMANA Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi berbincang dengan kru redaksi Tribunnews di Palmerah, Jakarta, Kamis (16/7/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sesuai Permendes setiap keluarga di desa akan menerima dana Rp 600 Ribu selama tiga bulan.

Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi atau Wamen Desa PDTT Budi Arie Setiadi menyebutkan, Bantuan Langsung Tunai ( BLT ) dari dana desa untuk masyarakat merupakan jaring pengaman sosial.

Menurutnya, BLT dari dana desa yang merupakan jaring pengaman sosial di tengah pandemi Covid-19 ini merupakan produk dari musyawarah desa dan juga melibatkan masyarakat setempat.

Budi Arie juga menjelaskan, bahwa BLT dana desa ini pembagiannya ditentukan masyarakat setempat dan maka dari itu ada musyawarah desa.

"Maka dari itu target BLT dana desa ini tidak pernah tercapai, karena dari target misal 12 juta keluarga ternyata saat dilakukan musyawarah desa hanya 7,9 juta keluarga dari 74.953 desa," ujar Budi Arie dalam diskusi virtual, Selasa (13/10/20200.

Baca juga: Ingat 30 Oktober, Pemerintah Akan Umumkan Hasil Akhir Seleksi CPNS

Baca juga: TATA CARA dan Doa Sholat Rebo Wekasan 14 Oktober 2020, Makna, Niat Sholat Sunnah Rebo Wekasan

Kemudian ia juga menjelaskan, bahwa BLT dana desa ini adalah sifatnya untuk menutupi keluarga yang belum menerima jaring pengaman sosial lain seperti bantuan sosial pemerintah dan Program Keluarga Harapan atau PKH.

Budi juga mengungkapkan, bahwa dana desa untuk tahun 2020 sebesar Rp 71,9 triliun dan penyerahan dananya melalui transfer rekening kas desa.

"Saat ini Covid-19 ini, BLT dana desa difokuskan untuk memperkuat jaring pengaman sosial yang sebelumnya sudah ada," ucap Budi.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved