Penanganan Covid

Menristek Tunjuk Unair sebagai Tim Pengembangan Vaksin Merah Putih

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebagai tim yang akan mengembangkan vaksin virus corona (covid-19) 'Merah Putih'.

Editor: Samir Paturusi
Dok. BNPB
Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro baru saja menunjuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebagai tim yang akan mengembangkan vaksin virus corona (covid-19) 'Merah Putih'. 

TRIBUNKALTIM.CO-Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro baru saja menunjuk Universitas Airlangga (Unair) Surabaya sebagai tim yang akan mengembangkan vaksin virus corona (covid-19) 'Merah Putih'.

Keputusan Menristek tersebut disampaikan dalam lawatannya ke Surabaya dan agenda tersebut turut diadakan pula secara virtual, Jumat (4/12/2020) sore.

"Saya memberikan secara resmi Kep (keputusan) Menristek mengenai penetapan tim peneliti Unair sebagai tim yang mengembangkan Vaksin Merah Putih," ujar Bambang, pada kesempatan tersebut.

Baca Juga: Pasien Covid-19 Ditemukan Tewas, Diduga Loncat dari Lantai 6 Rumah Sakit di Balikpapan

Baca Juga: Pasien Covid-19 Tewas Diduga Jatuh dari Lantai 6 Rumah Sakit Ternyata Karyawan Perusahaan Alat Berat

Baca Juga: Bertambah 32 Kasus Positif Covid-19 di Tarakan, Total Kasus Aktif Capai 398 Orang

Selain bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo, Unair juga menggandeng PT Biotis Pharmaceutical untuk melakukan uji coba vaksin ini pada hewan.

Bambang berharap Desember ini pihaknya sudah bisa melakukan tinjauan.

Selain itu diharapkan pula pada periode Januari hingga Maret 2021, bibit vaksin ini bisa diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan PT Biotis.

"Mudah-mudahan pada Desember ini tinjauan sudah bisa dilakukan, dan pada triwulan pertama tahun depan Unair bisa menyerahkan bibit vaksinnya ke Badan Oengawas Obat dan Makanan dan PT Biotis," kata Bambang.

Sebelumnya, penelitian dan pengembangan vaksin virus corona (covid-19) 'Merah Putih' yang dilakukan Universitas Airlangga (Unair), mulai memasuki proses uji coba terhadap hewan.

Bekerja sama dengan PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia, uji coba ini rencananya akan dilakukan pada Desember 2020.

Seperti yang disampaikan Rektor Universitas Airlangga Mohammad Nasih dalam agenda Dies Natalis ke-66 Universitas Airlangga bertajuk 'Menuju Ekonomi Indonesia Berbasis Inovasi'.

"Jadi, dibutuhkan kerja sama dengan Biotis, terutama untuk animal trial atau uji coba terhadap hewan seperti tikus dan kera," ujar Nasih, di Gedung C, Universitas Airlangga, Surabaya, Jawa Timur, Senin (9/11/2020).

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved