Breaking News:

Teknologi Gojek Membantu UMKM Perempuan Tetap Bertahan dan Bertumbuh Selama Pandemi Covid-19

Lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi terhadap bisnis mereka.

Editor: Sumarsono
HO
Solusi digital, seperti GoBiz, MokaPOS, dan Selly bantu pengusaha perempuan menyeimbangkan pekerjaan dan tanggung jawab domestik seperti yang dirasakan owner Salakilo, pelaku UMKM di Kota Balikpapan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Berdasarkan laporan baru berjudul “Memanfaatkan Digitalisasi untuk Menghadapi COVID-19” dari UN Women yang bekerjasama dengan Pulse Lab Jakarta dan Gojek, platform digital untuk pelaku usaha, seperti GoBiz, telah membantu usaha mikro dan kecil (UMK) milik perempuan untuk bertahan dan bertumbuh selama pandemi COVID-19.

Lebih dari 80 persen UMK menggunakan platform digital, seperti GoBiz, sebagai strategi penanggulangan pandemi terhadap bisnis mereka.

Secara khusus, penggunaan platform digital membantu sebagian besar usaha yang lebih tua (telah berdiri lebih dari 1 tahun) untuk bertahan dan 30-40 persen dari usaha yang lebih muda untuk berkembang.

Di antara usaha yang lebih muda, usaha yang dimiliki oleh perempuan mendapatkan keuntungan terbesar - penggunaan platform digital membantu 41 persen dari UMK formal dan 40 persen dari UMK informal untuk berkembang, sebuah keunggulan 8-10 poin persentase dibandingkan dengan UMK milik laki-laki.

Owner Cake Salakilo menerima penghargaan karena menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin di lokasi usahanya.
Owner Cake Salakilo menerima penghargaan karena menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin di lokasi usahanya. (TRIBUNKALTIM.CO/HERIANI)

Lebih lanjut, laporan UN Women menemukan bahwa 82 persen pengusaha perempuan merasa terbantu dalam menyeimbangkan antara pekerjaan dan tanggung jawab domestik serta keluarga berkat solusi digital seperti GoBiz, Selly, dan MokaPOS.

“Temuan studi independen ini sejalan dengan apa yang telah diadvokasi Gojek melalui inisiatif #MelajuBersamaGojek, yaitu untuk menjadi mitra pertumbuhan untuk 900.000 mitra usaha kami yang 96% di antaranya merupakan UMKM.

Memperingati Hari Ibu, kami juga berbangga hati mengetahui bahwa teknologi kami dapat membantu para wirausaha perempuan untuk menjalankan berbagai perannya di bisnis dan keluarga. Ini menegaskan upaya kami untuk memastikan bahwa teknologi kami inklusif untuk semua,” ungkap Nila Marita, Chief Corporate Affairs, Gojek.

Berdasarkan hasil penelitian Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, 42% mitra mitra usaha GoFood adalah perempuan; 27% diantaranya merupakan ibu rumah tangga.

Inisiatif #MelajuBersamaGojek merupakan keseluruhan upaya dan teknologi dalam ekosistem Gojek yang membantu UMKM lebih mudah menerapkan digitalisasi pada setiap langkah operasional bisnis sehari-hari, mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order), pembayaran, pengiriman/ logistik, hingga administrasi.

Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved