Breaking News:

Virus Corona di Balikpapan

Tes Rapid Antigen Masuk Diagnosa Covid-19, Dinkes Balikpapan Input Data Warga yang Hasilnya Positif

Dinas Kesehatan Kota Balikpapan kini mulai memasukkan data warga yang memiliki hasil rapid antigen positif ke dalam database. Hal tersebut lantaran r

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Ilustrasi masyarakat Kota Balikpapan melakukan pemeriksaan rapid antigen. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Dinas Kesehatan Kota Balikpapan kini mulai memasukkan data warga yang memiliki hasil rapid antigen positif ke dalam database.

Hal tersebut lantaran rapid antigen secara sah masuk sebagai salah satu diagnosis Covid-19 sejak dua minggu lalu.

Kebijakannya diterangkan melalui KMK nomor 464 terkait dengan penggunaan rapid antigen untuk mendiagnostik Virus Corona.

Baca juga: Kebakaran Terjadi Lagi, Sebuah Mess Perusahaan di Balikpapan Dilalap Jago Merah

Baca juga: PDAM Balikpapan Tidak Mengalir, Pipa IPAM Damai Stop Produksi 45 Persen, Berikut Daerah Terdampak

Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Andi Sri Juliarty mengatakan, warga yang memiliki hasil tes rapid antigen positif langsung menjalani isolasi. 

"Kasus Covid-19 akan makin ramai karena memang akurasinya tinggi. Sekarang se-Indonesia semua hasil antigen itu dimasukkan sebagai diagnosis Covid-19,” ujarnya, Selasa (23/2/2021).

Untuk itu, pihaknya menggelar pelatihan bagi petugas laboratorium maupun tenaga administrasi di seluruh puskesmas terkait dengan bagaimana caa menginput data masuk ke dalam aplikasi All Record milik Kementerian Kesehatan

“Hari ini petugas lab, admin puskesmas dilatih untuk menginput data rapid antigen itu masuk ke aplikasi all record,” katanya.

Pelatihan itu dimaksudkan untuk mempercepat mereka yang positif masuk dalam database aplikasi sehingga bisa langsung dirilis.

“Suka keteteran kan kalau menginput,” tuturnya.

“Kadang ada orang dia sudah positif dua hari lalu tapi belum dirilis. Karena ini bertumpuk dan tidak bisa dirilis, kalau tidak muncul di aplikasi," tuturnya.

Halaman
123
Penulis: Miftah Aulia Anggraini
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved