Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Andi Harun Tegaskan Perlu Perencanaan yang Komprehensif untuk Penanggulangan Bencana di Samarinda

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Publik membahas Rencana Penanggulangan Bencan

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Suasana FGD membahas Rencana Penanggulangan Bencana Kota Samarinda, di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Kamis (15/4/2021). Kegiatan ini dihadiri langsung Walikota Samarinda Andi Harun. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) Publik membahas Rencana Penanggulangan Bencana Kota Samarinda di Aula Rumah Jabatan Walikota Samarinda, Kamis (15/4/2021).

Walikota Samarinda Andi Harun turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Ia menyebutkan, berdasarkan kompleksitas permasalahan bencana, dampak bencana bisa saja terjadi di waktu mendatang.

Baca juga: Pimpin Langsung Rakor Penanganan Banjir di Samarinda, Walikota Andi Harun Utamakan 3 Titik Rawan Ini

Baca juga: NEWS VIDEO Balap Liar Saat Malam Ramadhan, Puluhan Motor Diamankan Jajaran Polantas Samarinda

Kendati demikian, Andi Harun menuturkan perlu ada perencanaan yang komprehensif, sehingga penanggulangan bencana dapat dilaksanakan secara terkoordinasi, terpadu, terarah, dan menyeluruh.

Hal tersebut, lanjutnya, sesuai Undang-Undang tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, agar dapat melakukan penyusunan perencanaan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam upaya penanggulangan bencana.

"Pemda berusaha untuk menyusun kembali pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah, demi terlaksananya efektivitas layanan urusan pemerintahan," ucapnya, Kamis (15/4/2021).

Dengan adanya pembagian kewenangan itu, urusan absolut yang diurus oleh pemerintah pusat dan urusan konkuren yang diurus oleh pemerintah daerah makin jelas.

Ia menambahkan, melalui kegiatan FGD ini dapat diidentifikasi bencana alam dan nonalam di Kota Tepian, julukan Kota Samarinda, yang mana menjadi prioritas.

Halaman
12
Penulis: Muhammad Riduan
Editor: Rahmad Taufiq
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved