Breaking News:

Berita Kodam VI Mulawarman

Gandeng Aparat Terkait, Satgas Pamtas Yonif 614/Raja Pandhita Sweeping di Bandara Perintis Data Dian

Sesuai tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia, selain menjaga patok-patok perbatasan, juga melaksanakan sweeping terhadap peredaran narkoba dan miras

Editor: Diah Anggraeni
HO/Kodam VI Mulawarman
Satgas Pamtas Yonif 614/Raja Pandhita dan aparat terkait saat melakukan pemeriksaan terhadap pesawat yang mendarat di Bandara Perintis Data Dian. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pagi yang cerah di perbatasan RI-Malaysia dibisingkan oleh pesawat Pilatus milik maskapai Susi Air dengan nomor pesawat PK-VVU.

Pesawat itu mendarat aman di Bandara Perintis Data Dian dengan membawa beberapa warga beserta logistik.

Sesuai tugas pokok Satgas Pamtas RI-Malaysia, selain menjaga patok-patok perbatasan, juga melaksanakan sweeping terhadap peredaran narkoba dan miras di daerah perbatasan.

Pos Long Nah berkoordinasi dengan Koramil 0910-11/Data Dian, Kecamatan Kayan Hilir dan Desa Data Dian, Danramil Kapten Inf Mapasila beserta dua orang Babinsa, Danpos Long Nah Letda Inf Nino Juliandrea beserta dua orang anggota, Camat Kayan Hilir Robert Kristian,S.Stp, dan Kades Data Dian Trim Ifung rutin melaksanakan pemeriksaan dan pengawasan terhadap jalur udara.

Baca juga: Pantau Arus Balik Mudik, Tim Gabungan Muspika Kecamatan Kelay Laksanakan Tes Antigen

Hal itu dilakukan guna mengantisipasi peredaran barang ilegal seperti narkoba dan miras di kawasan Kecamatan Kayan Hilir, khususnya desa binaan yakni Desa Data Dian, Long Metun dan Sai Anai.

Camat Kayan Hilir Robert Kristian mengatakan, kegiatan itu harus tetap sering digelar guna mencegah barang-barang ilegal masuk atau keluar, sehingga masyarakat dapat hidup tenang dan tetap dapat melestarikan alam.

Robert Kristian juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas sinergitas yang terjalin dari para unsur yang terkait, khususnya Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Pos Long Nah.

"Saya secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh instansi yang telah bersinergi dalam mengamankan wilayah kita, terutama di Kecamatan Kayan. Saya khawatir apabila tidak dijaga dan diawasi akan banyak terjadi kegiatan ilegal di wilayah ini. Kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi yang kita harapkan 'kan," jelasnya.

Baca juga: Tanggapi Potensi Bencana Alam, Kodam VI Mulawarman Siagakan Seluruh Kekuatan

Di tempat terpisah, Dansatgas Pamtas Yonif 614/RJP Letkol Inf Indar Irawan S.E.,M.Han memberikan apresiasi kepada personel Pos Long Nah atas dilaksanakannya kegiatan itu.

“Diharapkan kehadiran personel Satgas Pamtas Yonif 614/RJP Pos Long Nah dapat membantu masyarakat baik dari segi keamanan dan ketertiban di wilayah Data Dian, Long Metun dan sekitarnya. Karena itu adalah salah satu tugas utama satgas, selain menjaga patok batas negara," terangnya.

Daerah perbatasan, dia menambahkan, sering dimanfaatkan oleh oknum pelaku penyelundupan untuk mencari keuntungan pribadi.

"Dengan mengelabui petugas, pelaku penyelundupan sering memanfaatkan jalur-jalur perjalanan tidak resmi, baik dari jalur darat maupun jalur udara, untuk menghindari pemeriksaan kelengkapan dokumen pelintas batas negara," ungkap Dansatgas. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved