Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Hanya 20 Menit Potensi Tsunami di Selatan Laut Jawa Timur Capai Pantai Blitar, Ini Penjelasan BMKG

Hanya 20 menit potensi tsunami di Selatan Laut Jawa Timur capai pantai Blitar, ini penjelasan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika.

Editor: Muhammad Fachri Ramadhani
Wikipedia
Ilustrasi Tsunami - Hanya 20 menit potensi tsunami di Selatan Laut Jawa Timur capai pantai Blitar, ini penjelasan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika. 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) meminta agar masyarakat tetap waspada terhadap potensi tsunami besar yang mengancam Jawa Timur 

Pantai Selatan Blitar berpotensi jadi kawasan paling awal dihempas tsunami.

Dari kalkulasi ahli dan BMKG gelombang tsunami hanya perlu waktu 20 menit untuk sampai ke pantai selatan Blitar.

Informasi selengkapnya ada dalam artikel ini.

Baca juga: Cara Mudah Cek Penerima Bantuan UMKM 2021 Tahap 3, Kapan BLT UMKM Dibuka? Ini Cara Daftarkan UMKM

Baca juga: Mau Daftar CPNS 2021? Cek Jadwal Pendaftaran Terbaru, Ini Formasi Sepi Peminat, Login sscn.bkn.go.id

Dilansir Kompas.com berdasarkan kajian Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) atas potensi gempa bumi besar yang dapat memicu gelombang tsunami di wilayah selatan Jawa Timur, wilayah pesisir pantai selatan Blitar adalah yang paling awal terhempas gelombang tsunami.

Bukan dalam waktu 24 menit seperti yang sebelumnya disampaikan, Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setyo Prayitno mengatakan, jika terjadi tsunami di pesisir selatan Jawa Timur, maka pantai selatan Blitar akan terhempas gelombang tsunami pada menit ke-20 sejak terjadinya gempa bumi.

"Itu berdasarkan skenario yang kami buat, yang tentunya didasarkan pada data yang kami miliki," ujar Bambang, kepada wartawan di Pendopo Ronggo Hadinegoro, Kota Blitar, Selasa (8/6/2021).

Bambang mengatakan, simulasi tersebut merupakan skenario terburuk yang bisa terjadi jika terjadi gempa bumi dengan magnitudo 8,7 di selatan Jawa Timur yang bisa memicu tsunami.

Beberapa faktor, ujar Bambang, turut memengaruhi besarnya dan kecepatan gelombang tsunami. Salah satunya, kata dia, adalah kedalaman laut.

"Semakin dalam dasar laut, semakin besar dan tinggi kecepatan gelombang," kata dia.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved