Breaking News:

Berita Tarakan Terkini

Panen Kedua Udang Windu Metode Lactobacillus di Tarakan Hasilkan 960 Kilogram

Kegiatan panen bersama siklus kedua udang dan tebar benih siklus ketiga udang windu, menggunakan metode lactobacillus kembali digelar.

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Kegiatan panen udang windu dan tebar bibit di area pertambakan Kelurahan Juata Laut, Minggu (11/7/2021) kemarin. TRIBUNKALTIM.CO/HO/HUMAS KPwBI Kaltara. 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Kegiatan panen bersama siklus kedua udang dan tebar benih siklus ketiga udang windu, menggunakan metode lactobacillus kembali digelar.

Kali ini dilakukan di tambak milik kelompok pembudi daya ikan Usaha Bersama Sungai Bunyu yang berlokasi di Kelurahan Juata Laut.

Kegiatan ini didukung dan menjadi bagian program Kantor Perwakilan Bank Indosesia (KPwBI) Provinsi Kaltara.

Dikatakan Kepala KPwBi Provinsi Kaltara, Yufrizal, mayoritas budi daya udang di Provinsi Kaltara, termasuk Kota Tarakan selama ini menggunakan sistem polikultur.

Metode polikultur ini bagian dari kearifan lokal yang telah berlangsung secara turun-temurun.

Baca juga: Bank Indonesia Kaltara Sebut Normalisasi Harga Komoditas Bisa Bantu Lemahkan Tekanan Inflasi

Teknisnya kata Yufrizal, menggabungkan dua komoditas berupa udang dan ikan bandeng dalam satu tambak yang bersimbiosis mutualisme antarkeduanya.

Kemudian kembali KPwBI Kaltara mengenalkan metode yang baru dan sudah mulai dipraktekkan sekitar Mei 2021 lalu yaki metode lactobacillus.

Dipaparkan Yufrizal, lactobacillus sebuah metode dimana bakteri lactobacillus yang telah difermentasi ditebar di lokasi tambak sebelum benih udang dan ikan bandeng ditebar.

“Metode ini bertujuan untuk menumbuhkan klekap atau lumut sebagai sumber makanan organik bagi keduanya sekaligus membantu menyuburkan hara tanah tambak,” ujarnya.

Yufrizal menyampaikan bahwa pihaknya terus berupaya mendorong peningkatan kapasitas produksi udang di Kota Tarakan sebagai salah satu komoditas ekspor unggulan Provinsi Kalimantan Utara.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved