Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Kas Negara Tak Sanggup Tangani Pandemi Covid-19, Sri Mulyani Minta Pemda Sigap Cairkan Anggarannya

Menteri Sosial (Mensos), Sri Mulyani meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk sigap mencairkan anggarannya untuk kebutuhan masyarakat saat PPKM

Editor: Christoper Desmawangga
Kolase Tribunnews.com
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Untuk diketahui, kas negara tak sanggup tangani pandemi Covid-19, Sri Mulyani sebut Rp 20,8 T anggaran Pemda belum disalurkan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Menteri Sosial (Mensos), Sri Mulyani meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) untuk sigap mencairkan anggarannya untuk kebutuhan masyarakat saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini.

Hal itu diungkapkan Sri Mulyani mengingat saat ini kas Pemerintah pusat tidak sanggup untuk memenuhi seluruh kebutuhan penanganan pandemi Covid-19 sendirian.

Selain itu, Sri Mulyani meminta agar Pemda segera mencairkan kasnya, karena menurutnya selama ini akselerasi Pemda dalam menyalurkan anggaran perlindungan sosial ( Perlinsos) dan anggaran pemberdayaan ekonomi masih cukup lambat.

Menkeu menciuam ada sekitar Rp 20,86 triliun anggaran Pemda terkait perlindungan sosial yang belum disalurkan.

Dana ini terindikasi dari beberapa program yang penyerapannya masih seret.

Baca juga: TERBONGKAR! Kebohongan Eks Anggota Dewan Mengaku Matanya Ditusuk Petugas PPKM, Terancan 6 Tahun Bui

Pertama, realisasi program daerah untuk perlindungan sosial sebesar Rp 2,3 triliun atau baru setara 19,2% dari total pagu Rp 12,1 triliun di sepanjang Januari-Juni 2021.

Kedua, sebesar Rp 2,3 triliun anggaran pemberdayaan ekonomi daerah baru terealisasi sampai akhir Juni 2021.

Angka tersebut setara dengan 17,2% dari total alokasi dana sebesar Rp 13,35 triliun.

"Saat ini kita lihat realisasinya masih sangat kecil baru Rp 4,6 triliun dari keseluruhan pagu Rp 25,46 triliun, padahal ini sudah bulan Juli," kata Sri Mulyani saat Konferensi Pers, Sabtu (17/7), seperti dilansir dari Kontan.co.id.

Menkeu menegaskan kepada Pemda agar segera menyalurkan dana yang berusmber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) 2021 tersebut.

Baca juga: Walikota Andi Harun Terbitkan Instruksi Baru, Samarinda Perpanjang PPKM Mikro hingga 25 Juli 2021

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved