Breaking News:

CPNS 2021

Kabid GTK Disdikbud Kaltara Bantah Putuskan secara Sepihak Lokasi Ujian Kompetensi PPPK

Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kalimantan Utara (Kaltara) dituding memutuskan secara sepihak lokasi ujian kompetensi PPPK. 

Editor: Rahmad Taufiq
HO/JUNAIDI, KADISDIKBUD NUNUKAN
Pelaksanaan Bimtek PPPK guru yang diikuti guru honor dari Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan, Sabtu (28/8/2021) di SMPN 2 Nunukan. HO/JUNAIDI, KADISDIKBUD NUNUKAN 

TRIBUNKALTIM.CO, NUNUKAN - Kabid Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kalimantan Utara (Kaltara) dituding memutuskan secara sepihak lokasi ujian kompetensi PPPK. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud), Kabupaten Nunukan, Junaidi menyesalkan keputusan sepihak panitia seleksi guru PPPK dari Provinsi Kaltara.

Kekecewaan Junaidi itu lantaran, dalam rapat sebelumnya bersama dengan panitia seleksi guru PPPK dari provinsi, ada empat lokasi tes yang ditunjuk oleh Disdikbud Nunukan, di antaranya, SMPN 1 Nunukan, SMPN 2 Nunukan, Laboratorium BKPSDM, dan SMPN1 Nunukan Selatan.

Namun, keputusan yang diambil panitia seleksi guru PPPK dari provinsi, beber Junaidi, hanya satu lokasi yakni di SMKN 1 Nunukan.

Mendengar itu, Kabid GTK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltara, Sudarsono, mengatakan tempat ujian kompetensi PPPK ditetapkan oleh pemerintah pusat melalui Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan.

Baca juga: Bagaimana Jika Peserta Terpapar Covid-19 Sebelum SKD CPNS Kaltara, Ini Jawaban Panitia

"Kami sebutnya tempat ujian kompetensi. Penetapan lokasi ujian di Nunukan hanya satu, itu bukan provinsi yang tetapkan tapi pemerintah pusat," kata Sudarsono kepada TribunKaltara.com, melalui telepon seluler, Sabtu (4/9/2021), pukul 15.00 Wita.

Menurutnya, pada saat akan menyusun anggaran untuk persiapan pelaksanaan uji kompetensi PPPK di seluruh Indonesia, Dirjen GTK menyurati seluruh provinsi dengan memberikan kewenangan untuk memilih lokasi ujian kompetensi.

Bahkan, pemilihan tempat ujian kompetensi PPPK berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan oleh Dirjen GTK.

"Dirjen GTK surati ke setiap provinsi agar menunjuk lokasi ujian kompetensi di masing-masing kabupaten/ kota. Nah, di Kabupaten Nunukan sudah ditetapkan untuk PC atau perangkat komputer, siapkan minimal 75 PC dan satu lokasi," ucapnya.

Sudarsono membeberkan alasan Dirjen GTK memilih SMKN 1 Nunukan sebagai tempat ujian kompetensi, lantaran sebelumnya sempat dijadikan lokasi Ujian Nasional Berbasis Kompetensi (UNBK).

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved