Breaking News:

Berita Berau Terkini

Jalankan Sesuai Aturan, PPK Sebut Lelang Tender SMP Negeri 1 Gunung Tabur Berau Telah Sesuai

PPK Dinas Pendidikan yang mengawas SMPN 1 Gunung Tabur, Rajuliansyah mengatakan jika pertimbangan PPK untuk memperyaratkan SBU BG.007.

Editor: Ikbal Nurkarim
IKBAL NURKARIM
penampakan dari luar SMP Negeri 1 Gunung Tabur, Kabupaten Berau. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pengerjaan lelang tender SMP Negeri 1 Kecamatan Gunung Tabur, Berau disebut telah sesuai aturan.

Sebelumnya sejumlah pihak menyoroti pelaksanaan lelang tender SMP Negeri 1 tersebut karena dinilai tak sesuai mekanisme.

PPK Dinas Pendidikan yang mengawas SMPN 1 Gunung Tabur, Rajuliansyah mengatakan jika pertimbangan PPK untuk memperyaratkan SBU BG.007 tidak dapat dilepaskan dari ruang lingkup pekerjaan ini sesuai item pembayaran dalam HPS.

Baca juga: Dinkes Berau Ingatkan Waspada Ancaman DBD di Tengah Pandemi Covid-19

Baca juga: Operasi Antik Mahakam 2021, Satreskoba Polres Berau Temukan 52 Poket Sabu Siap Edar di Kontrakan

Baca juga: Bupati Berau Pastikan tak Ada Ganti Rugi di Kawasan Inhutani untuk Pembangunan Rumah Sakit Tipe B

Dirinya menjelaskan hal itu telah sesuai, yang terdiri dari, pekerjaan penataan halaman dan pagar, pekerjaan tanah dan pondasi, pekerjaan pasangan dan beton, pengecatan dan lain-lain, juga pengerjaan bagunan gazebo 7 unit, pondasi, lantai dan atap.

Selain itu, dari ruang lingkup pekerjaan tersebut sangat tidak tepat mempersyaratkan SBU dengan subklasifikasi spesialis, karena bukan perkerjaan yang hanya terdiri dari satu pekerjaan spesialis.

Menurutnya dengan mengusulkan SP004 pekerjaan tanah galian dan timbunan, pemindahan tanah, grading of construction sites, trench digging dan SP010, pekerjaan beton pekerjaan konstruksi khusus yang melibatkan pembetonan, concrete pouring dan pekerjaan concrete lainnya.

Baca juga: Masih Ada Agenda Mutasi dan Lelang Jabatan, DPRD Berau Minta ASN Terpilih Sesuai Bidang dan Keahlian

Termasuk didalamnya aspal dan semen portland pada proyek konstruksi dengan pertimbangan merupakan pekerjaan terbesar sangat tidak tepat karena penyedia yang memiliki sub klasifikasi spesialis.

"Hanya melaksanakan salah satu pekerjaan dari ruang lingkup diatas sesuai ruang lingkup spesialisnya dan tentunya tidak dapat dipersyaratkan dua subkalsifikasi spesialis pada pekerjaan ini," ujarnya.

"Sesuai IKP dokumen pemilihan yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari perlem. LKPP Nomor 12 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah Melalui Penyedia nomor 29.12 huruf b : Persyaratan kepemilikan Sertifikat Badan Usaha (SBU), dengan ketentuan: 1) Pekerjaan untuk usaha kualifikasi kecil mensyaratkan paling banyak 1 (satu) SBU,” tuturnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan output pekerjaan ini juga merupakan sarana penunjang atau pelengkap untuk Bangunan pendidikan sehingga menurut pihaknya mempersyaratkan BG. 007 sudah sesuai dengan ruang lingkup BG.007.

Baca juga: Masuk ke Mapolres Berau Diperketat, Kapolres Wajibkan Miliki Aplikasi Peduli Lindungi

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved