Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Realisasi APBD Kaltara 2021 Masih Rendah, Baru Capai 42 Persen di Sisa Waktu 3 Bulan

Realisasi APBD Kaltara Tahun Anggaran 2021 masih rendah, nilainya baru mencapai 42 persen. Sedangkan Tahun Anggaran 2021 menyi

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Akbar. Ia mengatakan rendahnya realisasi APBD tidak terlepas dari perubahan aturan yang menyebabkan banyak proyek harus dilelang ulang. TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Realisasi APBD Kaltara Tahun Anggaran 2021 masih rendah, nilainya baru mencapai 42 persen.

Sedangkan Tahun Anggaran 2021 menyisakan waktu tiga bulan.

Namun hingga kini, realisasi APBD Kaltara masih rendah, yakni masih di bawah 50 persen, tepatnya masih di angka 42 persen, berdasarkan data dari Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kaltara.

Merespons hal tersebut, DPRD Kaltara meminta agar Pemprov Kaltara segera merealisasikan anggaran yang ada.

Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Akbar mengatakan, pihaknya sudah cukup sering menggelar rapat antara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kaltara dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemprov agar belanja APBD bisa ditingkatkan.

Baca juga: Wagub Yansen Tipa Padan Sampaikan KUA-PPAS, Ini Tanggapan DPRD Kaltara

Baca juga: Raperda RPJMD 2021-2026, DPRD Kaltara Ingatkan Aspirasi Warga soal Transportasi dan Kesehatan

Baca juga: DPRD Kaltara Dorong RS Pratama Sebuku Nunukan Segera Diaktifkan

"Kami di Banggar dan TAPD sering rapat agar anggaran kita bisa segera dilaksanakan," kata Andi Akbar, Selasa (28/9/2021).

"Kita dorong terus yang mana prioritas harus segera dikerjakan," tambahnya.

Menurut Politisi Hanura ini, rendahnya realisasi anggaran tidak terlepas dari perubahan aturan yang menyebabkan banyak proyek harus dilelang ulang.

"Karena kemarin sempat banyak pending karena ada aturan yang berubah, jadi banyak yang lelang ulang, dan itu pengaruh ke realisasi," tuturnya.

Sehingga dengan disepakatinya KUA-PPAS APBD Perubahan 2021, Ia berharap pihak Pemprov Kaltara dapat segera merealisasikan APBD di sisa waktu yang ada.

"Mudah-mudahan bisa ya, kita optimis kita dorong pemerintah bisa serius mendorong realisasi anggaran ini," katanya.

Sementara itu, Plt Kepala BKAD Kaltara Denny Heriyanto mengatakan, pihaknya akan bekerja keras untuk segera merealisasikan belanja APBD.

"Semua bekerja keras untuk merealisaskan APBD," kata Denny Heriyanto.

Baca juga: Komisi IV DPRD Kaltara Soroti Keterbatasan Penanganan Covid-19 di Kabupaten Malinau

Setelah APBD Perubahan tahun 2021 nantinya disetujui dan mendapatkan nomor registrasi dari Kemendagri, dia meminta agar Organisasi Perangkat daerah (OPD) lainnya segera merealisasikan belanja APBD.

"Kembali ke teman-teman OPD apa yang sudah direncanakan dianggarkan, kalau nanti kita dapat nomor registrasi, kita harus start memanfaatkan waktu yang ada," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved