Berita Nasional Terkini

BUKAN Yudo, Ini Kuda Hitam Calon Panglima TNI Pesaing Andika, Mantan Danjen Kopassus dan Pangkostrad

Kasum TNI Letjen Eko Margiyono adalah sosok yang bisa jadi kuda hitam calon Panglima TNI pesaing Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono

Editor: Doan Pardede
Kolase Kompas.com
Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Laksamana Yudo Margono. Kasum TNI Letjen Eko Margiyono adalah sosok yang bisa jadi kuda hitam calon Panglima TNI pesaing Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono 

TRIBUNKALTIM.CO - Inilah profil Kasum TNI Letjen Eko Margiyono, sosok yang bisa jadi kuda hitam calon Panglima TNI pesaing Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono

Presiden Joko Widodo (Jokowi) punya alternatif lain calon Panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjhajanto selain KSAD Jenderal Andika Perkasa dan KSAL Yudo Margono, yakni Letjen Eko Margiyono.

Dua nama terakhir selama ini selalu nonggol di pemberitaan media massa. Kedatangan Letjen Eko Margiyono seperti kuda hitam bagi mereka berdua.

Ya, Letjen Eko Margiyono yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI AD bisa menjadi altenatif Presiden.

Baca juga: Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Mencuat, Mahfud MD Terlempar, Andika Perkasa Tak Jadi Panglima TNI

Baca juga: ADU KUAT Andika Perkasa dengan Yudo Margono jadi Panglima TNI, Dekat Jokowi Lawan Prestasi Mentereng

Baca juga: Istana Angkat Bicara Soal Sosok Calon Panglima TNI Pilihan Presiden Jokowi, Mengerucut 2 Nama

Lantas siapa sebenarnya Eko Margiyono? Berikut profil dan biodata Letjen Eko Margiyono yang disebut-sebut pesaing Jenderal Andika Perkasa dan Laksamana Yudo Margono.

Sekadar diketahui, Panglima TNI saat ini, Marsekal Hadi Tjahjanto akan pensiun pada November 2021. Hingga saat ini, Presiden Jokowi belum mengirimkan surat pengganti Panglima TNI ke DPR.

Lantas bagaimana respons DPR terkait munculnya nama Letjen Eko Margiyono?

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid mengatakan semua nama calon Panglima TNI yang muncul di media massa memiliki kompetensi. Ia juga menilai Jenderal Andika Perkasa, Laksamana Yudo Margono dan Eko Margiyono merupakan putra terbaik bangsa.

"Semua berkompeten, tinggal Presiden nanti sesuai kebutuhan dan kepercayaan beliau yang mampu untuk mengatasi tantangan tantangan ini siapa," katanya, diberitakan Kontan.co.id pada Selasa (14/9/2021).

Namun, hingga Rabu (15/9/2021), DPR RI belum menerima Surat Presiden (Surpres) berisikan calon Panglima TNI selanjutnya.

"Sampai saat ini surat yang ditunggu-tunggu oleh para awak media belum sampai ke DPR RI, nanti kalau sudah sampai yang pertama diberitahu ya rekan-rekan awak media."

"Sampai hari ini belum ada," kata Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, dilansir Tribunnews.

Baca juga: Presiden Jokowi Diprediksi Segera Kirim Nama Calon Panglima TNI ke DPR, Andika Perkasa atau Yudo?

Lebih lanjut, Dasco menilai Presiden Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri terkait calon Panglima TNI. Ia menduga Jokowi masih memilih waktu yang tepat sebelum mengirim Surpes ke DPR.

"Presiden mungkin memiliki pertimbangan tersendiri."

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved