Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Wabup Rendi Solihin Ingin Petani Kukar Sejahtera, RPU Bakal Kembali Dioperasikan

Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) baru-baru ini mengungkapkan ingin petani di wilayah yang dipimpinnya bersama Edi Damansyah

Penulis: Mohammad Fairoussaniy | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Wabup Kukar Rendi Solihin saat meninjau Pabrik RPU bersama Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kaltim Safaruddin dan Konsultan dari Indoditas Duta Raya Firly Firdauzy, Jumat (22/10/2021) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) baru-baru ini mengungkapkan ingin petani di wilayah yang dipimpinnya bersama Edi Damansyah sejahtera.

Berbagai program dilakukan termasuk kembali mengoperasikan mesin pada pabrik Rice Process Unit (RPU) yang berada di wilayah Desa Manunggal Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

Adanya RPU dengan mesin berteknologi Korea ini akhirnya dapat perhatian serius dari Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) yang bakal segera mengoperasikannya kembali sebagai tempat penggilingan padi berkualitas.

Yang nantinya berdampak terhadap kesejahteraan bagi para petani Kukar.

Baca juga: Wabup Kukar Rendi Solihin Tinjau Lahan Eks Tambang Jadi Demplot Jagung, Sebut Potensi Ekonomi

Baca juga: Wabup Kukar Rendi Solihin Harap RPJMD Sesuai Visi Misi Bupati

Baca juga: Wabup Kukar Rendi Solihin Serahkan Hewan Kurban Secara Simbolis di Kecamatan Samboja

"Insya Allah Pemkab Kukar sudah menyiapkan anggaran di APBD Perubahan 2021 sekitar Rp1 Miliar untuk perencanaan mendukung pengoperasian RPU. Selain itu juga akan disiapkan unit-unit komoditas penampungan produksi hasil pertanian lainnya," ungkap Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Senin (25/10/2021) hari ini.

Pengoperasian RPU dinilainya sebagai komitmen Pemkab Kukar yang fokus terhadap sektor pertanian. 

Dengan menyediakan hilirisasi bagi petani yang dapat ditampung dan diolah dengan kemasan beras premium.

"Tentunya hal ini bagian dari keseriusan Pemkab Kukar memberikan perhatian kepada para petani yang ada di Kukar untuk sejahtera. Keberadaan RPU sebagai penggilingan padi akan memberikan dampak terhadap para petani,nantinya disiapkan unit pembelian gabah yang dihasilkan petani sesuai standar harga yang berlaku," terangnya.

Baca juga: Rakordal dan Evaluasi RKPD 2021 di Kukar, Wabup Rendi Solihin Ingin Perencanaan Tetap Pada Koridor

Pengoperasian RPU juga tak hanya sebatas penggililingan padi, melainkan hasil-hasil produksi pertanian seperti jagung, dan sayur-mayur yang akan ditampung serta diolah secara profesional dengan konsep bisnis hingga pemasarannya.

"Selain memproduksi beras premium, juga disiapkan unit penampungan hasil pertanian yang akan diolah dan dikemas secara profesional dan dapat dipasarkan di mini market seluruh Indonesia," pungkas Rendi Solihin. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved