Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Gelar Pekan Budaya Sungai Bawang di Lamin Adat, Pengunjung Disuguhi Tarian Dayak dan Kerajinan Khas

Desa Sungai Bawang yang terletak di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki potensi secara historis, sosiologis, dan geografis, se

Penulis: Nevrianto | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Para muda mudi membawakan tari khas dayak Nyelama Sakai dan Udoq Iba saat Pekan Budaya dan Launching Logo Desa Sungai Bawang di Lamin Adat, Jalan Anyep Apui Desa Sungai Bawang, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Minggu(28/11/2021). TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Desa Sungai Bawang yang terletak di Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki potensi secara historis, sosiologis, dan geografis, serta didukung oleh budaya pertaniannya.

Pantauan TribunKaltim.co, Minggu (28/11/2021) sore, wisatawan maupun tamu undangan bisa menikmati perjalanan di sepanjang Desa Sungai Bawang.

Jalur masuk menuju Desa Sungai Bawang dengan jalan aspal sangatlah strategis karena lokasinya terletak di antara perbatasan Samarinda-Kukar dan daerah tujuan wisata lainnya, seperti jalur wisata Budaya Pampang, jalur
wisata Pantai Muara Badak, dan berdekatan dengan Bandara APT Pranoto.

Saat masuk ke Lamin Adat Desa Sungai Bawang, para tamu undangan dan masyarakat diperiksa suhu dan dibagikan masker sesuai aturan protokol kesehatan.

Tari Nyelama Sakai dan Tari Udoq Kiba diperagakan muda mudi diringi alat musik tradisional sampe dan kolintang khas Dayak Kenyah.

Baca juga: Semarak Upacara Adat Hudoq Kawit 2021 di Lamin Syaharie Jaang Samarinda

Baca juga: Kapolda Kaltim Diberi Nama Dayak Tingang, Dewan Adat: Pemimpin Bijaksana Pengayom Masyarakat

Kedua tarian tersebut merupakan sajian awal pertunjukan seni budaya khas Dayak di Lamin Adat Desa Sungai Bawang, Jalan Anyeq Apui Muara Badak.

Penampilan para penari Dayak ini jadi magnet bagi sekitar 100 orang yang hadir di Lamin Adat Sungai Bawang.

Setiap penampilan para penari tersebut selalu disambut decak kagum dan tepuk tangan.

Ketua Himpunan Mahasiswa Agroekoteknologi (Himagrotek) Unmul I Kadek Bayu Santika menuturkan melalui kegiatan Tim Program Holistik Pemberdayaan dan Pengembangan Desa (PHP2D) Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti) menginisiasi  program pemberdayaan di Desa Budaya Sungai Bawang

.
"Kerajinan dari Desa Sungai Bawang bisa diperjualbelikan dan mengangkat Desa Sungai Bawang secara nasional maupun bisa juga internasional," ucap Bayu.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved