Breaking News:

Berita Kaltara Terkini

Resmi Diusulkan Berhenti sebagai Ketua DPRD Kaltara, Andi Hamzah Beber Status Norhayati Andris

Melalui dua rapat paripurna DPRD Kaltara, Norhayati Andris diusulkan berhenti sebagai Ketua DPRD Kaltara. Usulan pemberhentian itu juga diikuti denga

Penulis: Maulana Ilhami Fawdi | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI
Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Hamzah. Ia mengatakan, Norhayati Andris masih memiliki hak sebagai Ketua DPRD, namun ia tidak lagi memiliki kewajiban dan tanggung jawab sebagai Ketua. TRIBUNKALTARA.COM/MAULANA ILHAMI FAWDI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Melalui dua rapat paripurna DPRD Kaltara, Norhayati Andris diusulkan berhenti sebagai Ketua DPRD Kaltara.

Usulan pemberhentian itu juga diikuti dengan usulan Calon Ketua DPRD Kaltara sisa masa jabatan 2019-2024, yakni Albertus Stefanus Marianus.

Wakil Ketua DPRD Kaltara Andi Hamzah menjelaskan status Norhayati Andris setelah paripurna disahkan.

Menurutnya, Norhayati Andris masih memiliki hak sebagai Ketua DPRD. Namun, Norhayati Andris tidak lagi memiliki kewajiban dan tanggung jawab sebagai Ketua.

Kewajiban dan tanggung jawabnya sebagai ketua pun dialihkan ke unsur pimpinan DPRD Kaltara lainnya, seperti Wakil Ketua Andi Hamzah ataupun Wakil Ketua Andi Akbar.

Baca juga: Cabut Gugatan Perdata di PN Tanjung Selor, Norhayati Andris Tegaskan Dirinya Masih Tetap di PDI-P

Baca juga: Tak Mau Perpanjang Masalah dengan PDI-P, Norhayati Andris Cabut Gugatan Perdata ke PN Tanjung Selor

"Hak-haknya sebagai ketua masih, tapi kewajibannya sebagai Ketua beralih ke unsur pimpinan yang lain, ini berlaku sampai turun keputusan dari Kemendagri," kata Andi Hamzah, Rabu (15/12/2021).

Politisi Gerindra ini juga menjelaskan tahapan pengusulan pemberhentian dan pengangkatan Ketua DPRD Kaltara yang baru.

"Surat pengumuman usulan pemberhentian Ketua DPRD dan pengangkatan Ketua DPRD yang baru akan kita serahkan ke Pemprov," katanya.

"Kemudian dari Pemprov akan disampaikan ke Kemendagri, setelah ada surat dari Kemendagri baru diparipurnakan untuk pengangkatan," tuturnya.

Pihaknya mengaku tidak memiliki target kapan pengangkatan Albertus Stefanus Marianus sebagai Ketua DPRD Kaltara dapat dilakukan, karena hal tersebut menjadi ranah dari Kemendagri untuk membuat surat keputusan.

Adapun untuk surat keputusan dari hasil paripurna hari ini, Andi Hamzah menyampaikan akan segera dikirimkan ke Pemprov Kaltara untuk ditindaklanjuti.

Baca juga: Norhayati Andris Resmi Diganti Albertus Stefanus Marianus sebagai Ketua DPRD Kaltara

"Kalau pengangkatan paripurna tergantung, tidak ada targetnya dari kita, tergantung prosesnya di Kemendagri," jelasnya.

"Saya rasa hari ini juga lebih baik, kalau sudah ada berita acaranya, saya rasa hari ini juga diserahkan ke Pemprov, artinya ini tidak di kita lagi, tapi sudah bergulir ke Pemprov," katanya.

Terkait ketidakhadiran Norhayati Andris dalam rapat paripurna, Andi Hamzah hanya menyampaikan bahwa politisi PDI-P tersebut sedang berhalangan hadir.

"Infonya beliau berhalangan, jadi tidak sempat hadir," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved