Berita Kaltim Terkini

Sri Mulyani Kunjungi Lokasi IKN di Kaltim, Menkeu Ingatkan: Kalau Rakyatnya Tertinggal, Itu Ngenes

Sri Mulyani akhirnya mengunjungi lokasi Ibu Kota Negara ( IKN ) di Kalimantan Timur. Menteri Keuangan ingatkan soal pembangunan SDM.

TribunKaltim.co/Dwi Ardianto
Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengunjungi lokasi ibu kota negara ( IKN ) di Kalimantan Timur. Bukan hanya pembangunan fisik saja, Sri Mulyani juga mengingatkan soal pembangunan sumber daya manusia ( SDM). 

TRIBUNKALTIM.CO - Akhirnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani meninjau lokasi Ibu Kota Negara ( IKN ) di Kalimantan Timur, Rabu 5 Januari 2022

Dalam kunjungan Sri Mulyani ke lokasi IKN, Menteri Keuangan juga memberikan sejumlah update kabar terkait pemindahan ibukota negara dari DKI Jakarta ke Kaltim.

Selain membagikan kabar gembira bagi pemilik tanah, Menkeu Sri Mulyani juga mengingatkan soal pembangunan di Kaltim yang tidak hanya pembangunan fisik saja.

Menurut Sri Mulyani pembangunan Sumber Daya Manusia ( SDM ) juga tidak kalah penting dengan pembangunan berbagai infrastruktur IKN di Kaltim.

Pembangunan SDM juga harus diperhatikan menurut bendahara negara ini agar masyarakat di lokasi IKN tidak tertinggal.

Baca juga: Keinginan Menkeu Tinjau IKN Terkabul, Sri Mulyani: Saya Ikut Bahas UU tapi Nggak Lihat Lokasinya

Menkeu Sri Mulyani berharap, sumber daya manusia di calon IKN baru tersebut bisa terus ditingkatkan, sehingga peran perguruan tinggi menjadi sangat penting.

"Siapkan SDM-nya, ekonomi bisa maju karena infrastruktur, dibangun kantor, jembatan, tapi kalau rakyatnya tertinggal, itu ngenes.

Tidak bagus dan tidak berkelanjutan," ujar Sri Mulyani seperti dikutip dari TribunKaltim.co.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meninjau lokasi titik nol Ibu Kota Negara ( IKN ) bersama Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.

Selain meninjau titik nol ibu kota negara, Sri Mulyani juga akan meninjau calon lokasi istana negara, gardu pandang, bendungan sepaku semoi, dan jembatan Pulau Balang.

Baca juga: AKHIRNYA Desain Istana Negara IKN di Kaltim Disetujui Jokowi, Ini Kisah Nyoman Nuarta yang Mendesain

"Saya ikut membahas UU IKN, tapi saya nggak pernah lihat lokasinya. Saya kira jadi kurang afdol," ujarnya saat berada di Balikpapan, Rabu (5/1/2022).

Dengan meninjau lokasi calon Ibu Kota Negara (IKN), lanjut Sri Mulyani, dirinya akan membayangkan kebutuhan anggaran untuk biaya dan tingkat kesulitan pembangunan.

Menurutnya rencana pemindahan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur merupakan keputusan politik yang sangat besar.

Sebab akan berpengaruh pada sosisal, ekonomi, lingkungan, dan keseimbangan politik.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved