Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Wabup Door to Door Bagikan Sembako dan Menu Berbuka Puasa, Pastikan Kesehatan Warga Lansia Terjamin

Ada yang beda dari Safari Ramadan yang dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Kukar H Rendi Solihin pada bulan puasa 2022.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wabup Kukar Rendi Solihin saat membagikan paket sembako serta menu berbuka puasa dari rumah ke rumah kepada para lansia di Kelurahan Margamulyo, Kecamatan Samboja, Kamis (14/4/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Ada yang beda dari Safari Ramadan yang dilakukan Wakil Bupati (Wabup) Kukar H Rendi Solihin pada bulan puasa 2022.

Jika biasanya dilakukan dengan berbuka puasa bersama masyarakat dan salat tarawih, kali ini Rendi melakukan Safari Ramadan dengan melihat langsung kondisi kehidupan masyarakat lanjut usia (lansia), sekaligus membagikan paket sembilan bahan pokok (sembako) serta menu berbuka puasa dari rumah ke rumah kepada para lansia di Kelurahan Margamulyo, Kecamatan Samboja, Kamis (14/4/2022).

Dikatakan Rendi, apa yang dilakukannya itu, mengingat kondisi di lapangan banyak para lansia selain kondisi perekonomiannya lemah, juga 80 persen mereka belum memiliki jaminan kesehatan dari BPJS sehingga perlu sentuhan langsung dari pemerintah, baik kelurahan, kecamatan maupun kabupaten.

Baca juga: Pemkab Kukar Hibahkan Lahan untuk ISBI Kaltim, Bupati Edi Serahkan Langsung ke Kemendikbudristek

Selain melihat secara langsung kondisi lansia, Wabup juga ingin melihat sejauhmana perputaran perekonomian masyarakat, setelah terjadinya kenaikan beberapa kebutuhan pokok.

Untuk itu, ia akan meninjau pasar - pasar Ramadan dan memastikan pelaku UMKM berjalan lancar.

"Nanti kita akan bantu beli dagangan mereka, karena di tengah kenaikan beberapa kebutuhan pokok otomatis daya beli masyarakat juga menurun," katanya.

Wabup kemudian mengmbau seluruh masyarakat yang mampu untuk membantu para pelaku UMKM dengan membeli hasil produksi mereka.

Baca juga: Terima Kunjungan GM PLN UIP Kalbagtim, Bupati Kukar Dukung Proyek Infrastruktur Ketenagalistrikan

Rendi juga mengungkapkan dalam rangka mengurangi angka kemiskinan pemerintah memiliki program pengentasan kampung kumuh, karena indikator angka kemiskinan tidak hanya dari perekonomiannya tetapi juga dari tempat tinggalnya atau rumah layak huninya.

Disebutkannya angka kemiskinan di Kukar sebagian besar di Kecamatan Muara Kaman dan Samboja, sehingga program tersebut menyasar dua kecamatan itu.

Turut hadir mendampingi Wabup H Rendi yakni Camat Samboja Burhanuddin, Lurah Margomulyo Amir Lufni dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Samboja. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved