Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Optimalkan Zakat ASN, OPD Pemkab Kukar Perlu Mengaktifkan Kembali UPZ

Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menginginkan agar organisasi perangkat daerah (OPD) mengaktifkan kembali Unit

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda Sunggono membuka Kukar Berzakat ditandai dengan penyerahan zakat sekda diikuti pejabat lainnya. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono menginginkan agar organisasi perangkat daerah (OPD) mengaktifkan kembali Unit Pengumpul Zakat (UPZ) masing-masing.

"Untuk itu Kepala OPD saya minta mengaktifkan lagi UPZ di instansi yang dipimpinnya, ini untuk memaksimalkan potensi zakat ASN (aparatur sipil negara, Red)," ujar Sunggono saat membuka Kukar Berzakat yang digelar Pemkab Kukar bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kukar yang diikuti kepala OPD di ruang serbaguna kantor bupati, pekan tadi.

Kegiatan ini juga dihadiri unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kukar.

Baca juga: Wabup Kukar Kembali Bagikan Makanan dan Sembako, Sebarkan untuk Warga Lansia di Desa Gas Alam

Sunggono mengatakan, zakat merupakan kewajiban pokok dan memiliki kedudukan penting dalam Islam.

Sebagaimana dipahami, kewajiban berzakat setidaknya bertalian dengan tiga dimensi yaitu dimensi spiritual personal, sosial, dan ekonomi.

Oleh karenanya, lanjut Sunggono, keberadaan Baznas UPZ beserta seluruh perangkat terkait diharapkan dapat mengoptimalkan kinerjanya, baik terkait penerimaan, pengelolaan, serta optimalisasi dalam pendayagunaan zakat.

Pada kesempatan itu Pemkab Kukar mengingatkan upaya mengoptimalkan pengumpulan zakat yang hingga saat ini dirasa masih rendah dan jauh dari potensi jumlah yang seharusnya.

Padahal, Kukar telah menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Zakat.

"Lakukan proses pengelolaan zakat yang bersifat melayani, bersikap dan berperilaku profesional, amanah, transparan, serta akuntabel," ujarnya.

Baca juga: Kukuhkan Kepengurusan Masjid Agung Sultan Sulaiman, Bupati Kukar Ingin Syiar Islam Terus Digelorakan

Ketua Baznas Kukar M Shafik Avicenna mengatakan, ini merupakan kegiatan rutin tahunan.

Pihaknya bertekad mewujudkan 3L yakni Lebih Baik, Lebih Terpercaya, dan Lebih Bermanfaat.

"Kami harap dengan 3L itu para OPD, ASN, swasta dan masyarakat bisa lebih percaya dengan BAZNAS, sehingga lebih kuat dan bisa bermanfaat lebih besar untuk Kukar, " harapnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved