Berita Kubar Terkini

ASN Pemkab Kubar Dilarang Main TikTok Saat Jam Kerja, Sekdakab Ayonius: Kalau Ketahuan Disanksi

Larangan penggunaan Tik Tok tersebut disampaikan langsung oleh Sekdakab Kutai Barat, Ayonius

Penulis: Zainul | Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Sekdakab Kutai Barat, Ayonius memberikan peringatan keras bagi seluruh aparatur sipil negara (ASN) atau pegawai dilingkungan Pemkab Kubar yang nekat main Tik Tok saat jam bekerja.TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR- Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) kembali mengeluarkan kebijakan terkait larangan setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) atau pegawai TKK, yang berdinas di lingkungan Pemkab Kubar agar tidak menggunakan aplikasi media sosial Tik Tok saat jam kerja.

Larangan penggunaan Tik Tok tersebut disampaikan langsung oleh Sekdakab Kutai Barat, Ayonius.  

Dia menilai, jika dilihat dari etika birokrasi maka jam kerja tidak boleh melakukan kegiatan di luar kedinasan apalagi melakukan Tik Tok dengan memakai seragam dinasnya.

“Kalau dilihat tidak elok dan etikanya tidak bagus. Kecuali memang di luar jam kerja atau sudah di rumah dan tidak memakai seragam dinasnya, dipersilahkan. Karena itu, hak pribadi,” tegasnya, Selasa (10/5).

Untuk itu kata mantan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Barat itu, perlu pengertian bagi ASN dan non PNS bisa menempatkan waktu yang baik dan etika birokrasi betul-betul diterapkan.

Baca juga: Puluhan Tahun Sengketa, Tapal Batas Wilayah Kabupaten Kubar dan Barito Utara Akhirnya Disepakati

Baca juga: Soal Kematian Tahanan Polres Kubar, Pangdam VI Mulawarman Minta Warga Tak Demo

Baca juga: Gara-Gara BBM Langka di Kubar, Warga Ramai-Ramai Layangkan Protes Lewat Media Sosial

Misalnya, ada sguru pakai baju seragam dinasnya, main Tik Tok dan joget saat jam ngajar.

"Bukannya mempersiapkan materi pembelajaran. Bagaimana pandangan orang tua siswa dan siswanya? Karena guru itu digugu dan ditiru atau figur panutan.

Sehingga kesan orang, bahwa kita bekerja ini tidak ada unsur tanggungjawab. Hal ini lah perlu disadari bersama dan perlu menginformasikan.  Saat jam kerja, bekerjalah dengan penuh tanggungjawab," jelasnya.

Dia menegaskan, jika masih ada pegawai yang kedapatan menggunakan Tik Tok saat jam kerja, maka sanksi tegas sudah menanti. 

Baca juga: Sekda Kubar Ingatkan Seluruh Pegawai Tak Nambah Hari Libur, Imbau Patuhi Aturan

"Tetapi kalau pihaknya menemukan tindakan ASN dan non PNS yang tidak etis diluar etika birokrasi akan melakukan tindakan tegas. Tindakan itu, dilakukan oleh kepala perangkat daerah untuk stafnya. Seperti, pembinaan sampai memberikan imbuan seperti teguran lisan dan tertulis,”tegasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved