Berita Pemkab Mahakam Ulu

Wabup Hadiri Rakor Sertifikasi Halal UMK dan Penguatan Tim Terpadu Penataan dan Pengawasan Produk

Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mahakam Ulu Drs. Yohanes Avun,M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Sertifikasi Halal untuk Usaha Mikro

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Ganjar Pranowo
Wabup Mahulu Yohanes Avun menandatangani komitmen untuk mendukung sertifikasi halal UMK, disaksikan Gubernur Kaltim H Isran, saat Rakor Percepatan Sertifikasi Halal di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (18/5/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Mahakam Ulu Drs. Yohanes Avun,M.Si menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Sertifikasi Halal untuk Usaha Mikro Kecil (UMK) dan Evaluasi, juga Penguatan Tim Terpadu Penataan dan Pengawasan Produk Halal dan Higienis Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Rabu (18/5/2022).

Rakor ini merupakan kerja sama antara Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dengan Pemerintah Provinsi Kaltim.

Gubernur Kaltim H Isran Noor turut hadir dan menandatangani komitmen kepala daerah untuk mendukung sertifikasi halal UMK bersama Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kaltim H Masrawan, Ketua MUI Kaltim HM Rasyid, Kepala BPJPH Muhammad Agil Irham, serta bupati dan walikota yang hadir.

Baca juga: Lagi, Pemkab Mahulu Raih Predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI

Pada kesempatan ini, Gubernur Isran Noor mengajak para Bupati dan Walikota untuk mendorong sertifikasi halal bagi para pelaku UMK.

"Sertifikasi halal sangat penting untuk pelaku UMK. Pemerintah bantu mendorong pelaku UMK untuk dapat memperoleh sertifikasi. Jadi, BPJPH ada program untuk fasilitasi sertikasi halal gratis bagi pelaku mikro dan kecil guna mencapai target 10 juta sertifikasi halal bagi UMK," ujarnya.

Lanjut H Isran Noor mengatakan, halal bukan hanya soal keyakinan agama, tapi menyangkut higienis dan kualitas produknya.

"Jadi semua produk UMK dapat bisa dikonsumsi oleh siapa saja, dan kalau memiliki sertifikasi halal ini dapat berpengaruh juga pada kemajuan usahanya," tandas Gubernur.

Baca juga: Hadiri Perayaan Syukur Tahbisan Imamat dan Episcopal Uskup Agung, Bupati Mahulu Ucapkan Terima Kasih

Wabup Mahulu Drs. Yohanes Avun, M.Si ditemui usai rakor menyatakan bersedia membantu para pelaku UMK di Kabupaten Mahulu, sesuai arahan Gubernur Isran Noor.

"Kami dari Pemkab Mahulu sangat setuju dan mendukung. Apalagi Mahulu merupakan daerah wisata dengan demikian ke depannya pemkab akan mendorong produk-produk UMK untuk segera memiliki setifikasi halal, sehingga apabila ada para wisatawan yang datang akan membeli produk kita sudah tidak khawatir karena sudah bersertifikasi halal," ucap Wabup Mahulu.

Wabup menambahkan, untuk mendapatkan sertifikasi halal ini ada tahapan proses.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved