Mahulu

Pemkab dan Polres Kubar Rapat Koordinasi Bahas Percepatan Pembentukan Kepolisian Resort di Mahulu

Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) bersama Polres Kutai Barat melaksanakan Rakor percepatan pembentukan Polres Mahulu di Kantor Bappelitbangda, Rabu (18/5/22

PROKOPIM/AIM/TD
Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) bersama Polres Kutai Barat melaksanakan Rakor percepatan pembentukan Polres Mahulu di Kantor Bappelitbangda, Rabu (18/5/2022). PROKOPIM/AIM/TD 

UJOH BILANG - Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) bersama Polres Kutai Barat melaksanakan Rakor percepatan pembentukan Polres Mahulu di Kantor Bappelitbangda, Rabu (18/5/2022).

Rakor dihadiri Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos.,M.M, Wakapolres Kubar Kompol I Nyoman Wijana, S. Ag, Anggota Komisi III DPRD Mahulu Petrus Higang, A. Md,. Kep, Kabag Ren Kompol Jumali, S.H, PS Paur Subbag Rendalgar Aiptu Sopiyanto,

Waka Polsek Long Bagun Ipda Aan Anwari, Danramil Kecamatan Long Bagun, Danramil Long Bagun Inf Rahman Sahanung, PS Paur Subbag Renprogar Aipda Rumpoko, sejumlah Camat, Kepala OPD, para kabag di lingkungan Pemkab Mahulu.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, SH.,ME dalam sambutan yang dibacakan oleh Sekda menyatakan, rakor ini sangat penting untuk memberikan pelayanan dan perlindungan kepada masyarakat.

"Pada prinsipnya Pemkab Mahulu sangat mendukung pembentukan Polres Mahulu. Melalui rakor ini kami harapkan hasilnya akan segera ditindaklanjuti, sehingga pembentukan polres terealisasi secepatnya. Dengan begitu maka pembangunan di Mahulu akan semakin maju, aman, damai dan kondusif," ujarnya.

Baca juga: Lagi, Pemkab Mahulu Raih Predikat WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI

Baca juga: Hadiri Perayaan Syukur Tahbisan Imamat dan Episcopal Uskup Agung, Bupati Mahulu Ucapkan Terima Kasih

Baca juga: Jaringan Internet di Mahulu Tidak Stabil, Wabup Berharap Bantuan Kementerian Kominfo

Menurutnya, percepatan pembentukan Polres Mahulu sejalan dengan perkembangan pembangunan daerah, dan terpilihnya Provinsi Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Ancaman di bidang kamtibmas akan menjadi tantangan besar, khususnya di Kabupaten Mahulu yang secara geografis rawan kamtibmas.

Sekda juga menyampaikan Pemkab Mahulu dalam waktu dekat akan beraudiensi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sebagai wujud dukungan percepatan pembentukan Polres Mahulu.

Sejalan dengan hal tersebut mewakili Kapolres Kubar, Wakapolres Kompol I Nyoman Wijana, S. Ag mengungkapkan, pembentukan Polres Mahulu sudah disampaikan ke KemenPAN-RB.

"Melalui rakor ini, akan kami kumpulkan beberapa data sebelum adanya validasi dari KemenPAN-RB. Setelah itu tinggal menunggu surat dari KemenPAN-RB, apakah pembentukan polres ini bisa dilakukan akhir 2022 ini,"katanya.

Baca juga: Bupati Pimpin Rapat Penyempurnaan RKPD 2023, 10 Program Aksi Jadi Rujukan Pembangunan di Mahulu

Selain itu, lanjutnya, perlu adanya dukungan politik dari DPRD Mahulu dan secara birokrasi dari Pemkab Mahulu ke KemenPAN-RB.

Sementara Ketua DPRD Mahulu yang diwakili anggota Komisi III DPRD Mahulu Petrus Higang, mengatakan rencana pembentukan Polres Mahulu sangat didukung DPRD sebagai mitra pemerintah.

Usai rakor, Sekda dan rombongan Waka Polres Kubar langsung meninjau Mako Polres sementara (Gedung Puskesmas Ujoh Bilang) yang dipinjam pakai sambil menanti pembangunan kantor baru. (PROKOPIM/AIM/TD)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved