Ibu Kota Negara

Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim Dimulai Juli 2024, Mahfud MD Berpesan Libatkan Semua

Ibu Kota Negara Republik Indonesia akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO
Kondisi kawasan titik nol IKN Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. TRIBUNKALTIM.CO/BUDI SUSILO 

TRIBUNKALTIM.CO - Ibu Kota Negara Republik Indonesia akan dipindah dari Jakarta ke Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara

Menanggapi hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyatakan. 

Bahwa pemindahan Ibu Kota Negara atau yang bernama IKN Nusantara di Kalimantan Timur dalam prosesnya melibatkan berbagai pihak. 

Menurut Mahfud MD, masyarakat juga dapat dilibatkan dalam pembangunan Ibu Kota Negara yang baru.

Baca juga: Wujudkan IKN Smart Forest City, Niel Makinuddin Beri Masukan kepada Badan Otorita Ibu Kota Negara

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Negara, Sosiolog Ingatkan Waspada jadi Ladang Korupsi, Kolusi, Nepotisme

Baca juga: Ibu Kota Negara Pindah, Sosiolog Bakal Bantu dalam Transformasi Sosial di Penajam Paser Utara

Masyarakat, kata Mahfud, bisa dilibatkan dalam proses persiapan pembangunan dan pengelolaan IKN Nusantara melalui diskusi hingga konsultasi publik.

“Dapat berupa antisipasi, dalam proses persiapan pembangunan, pengelola Ibu Kota Negara dalam bentuk konsultasi publik musyawarah dan sebagainya,” terangnya.

Pindah Juli 2024

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan akan dimulai Juli 2024.

Hal ini disampaikan Mahfud dalam dalam Rapat Koordinasi dengan Penjabat (Pj) Kepala Daerah, di Gedung Kemendagri, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

“2024 bulan Juli atau Agustus pemerintah akan mulai pindah ke sana dan Insya Allah 17 Agustus 2024 upacara diselenggarakan atau dipusatkan di IKN yang baru ini,” ucap Mahfud.

Mahfud kemudian meminta agar setiap Pj Kepala Daerah tidak terprovokasi terhadap wacana pembatalan pemindahan IKN ke Kalimantan.

Baca juga: Apa Itu Plug and Play? Sistem yang Diterapkan Pemerintah dalam Membangun IKN Nusantara di Kaltim

Apalagi, lanjut dia, pemerintah sudah memiliki Undang-undang (UU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

“Undang-undangnya sudah ada, tidak boleh terprovokasi lagi ini jadi atau enggak, ini dibatalkan atau nggak. Harus jadi,” tegas Mahfud.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Dimulai Juli 2024, Mahfud: Harus Jadi!."

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved