Ibadah Haji

Ratusan Jemaah Haji Furoda Batal Berangkat, Apa Haji Furoda? Fakta dan Bedanya dengan Haji Reguler

Persoalan Haji Furoda jadi perhatian. Ratusan jemaah Haji Furoda batal berangkat. Apa sebenarnya Haji Furoda, fakta dan bedanya dengan haji reguler.

https://haji.kemenag.go.id/
Rombongan jemaah haji tiba di Tanah Suci, Minggu (3/7/2022) waktu setempat. Persoalan Haji Furoda jadi perhatian. Ratusan jemaah Haji Furoda batal berangkat. Apa sebenarnya Haji Furoda, fakta dan bedanya dengan haji reguler. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pelaksanaan pemberangkatan ibadah haji tengah jadi perhatian, setelah kabar terkait Haji Furoda muncul. 

Terkait haji Furoda, tengah jadi perhatian publik, ratusan jemaah haji Furoda batal berangkat ke Tanah Suci. 

Kepastian batal berangkatnya ratusan jemaah haji Furoda ini telah disampaikan oleh Sarikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia (Sapuhi).

Lalu apa sebenarnya haji Furoda itu?

Apa perbedaan haji Furoda dengan haji reguler?

Sapuhi mengumumkan batalnya keberangkatan calon jemaah haji Furoda ini dalam surat nomor 341.ADM/DPP/SAPUHI/VI/2022 yang diterbitkan di Jakarta, 2 Juli 2022. 

Surat kepastian batalnya keberangkatan calon jemaah haji Furoda ini ditandatangani Ketua Umum Sapuhi Syam Resfiadi dan Sekretaris Jenderal Ihsan Fauzi Rahman.

Salah satu poin yang tercantum dalam surat tersebut berbunyi, “Keberangkatan Haji Konsorsium Sapuhi tahun 2022 dibatalkan.”

Baca juga: Calon Jemaah Haji Dibekali Uang Saku 1.500 Riyal Saudi, BPKH Klaim Belum Terima Keluhan

Menurut Syam Resfiadi, Sapuhi membatalkan keberangkatan 127 calon jemaah haji yang sedianya dijadwalkan mengikuti Haji Furoda.

Selain itu, diperkirakan secara keseluruhan ada sekitar 4.000 calon jemaah haji Indonesia yang batal berangkkat tahun ini.

Dikutip TribunKaltim.co dari kompas.com, dalam surat pemberitahuan yang ditujukan kepada para calon jemaah haji, dijelaskan bahwa pihaknya kesulitan mendapatkan Visa Haji Furoda atau Mujamalah untuk keberangkatan tahun 2022 ini.

Sejalan dengan itu, sesuai ketentuan General Authority of Civil Aviation (GACA) tentang Time Frame of Hajj Season Flights Operation 2022/1443, Closing Gate ditetapkan pada tanggal 3 Juli 2022 pukul 23.59.

Dengan alasan tersebut, pihaknya memutuskan bahwa keberangkatan Haji Konsorsium Sapuhi tahun 2022 dibatalkan.

“Keberangkatan Haji Konsorsium Sapuhi direschedule menjadi keberangkatan tahun 2023 dan jemaah wajib melakukan konfirmasi penjadwalan ulang kepada sekretariat Sapuhi,” jelas surat tersebut.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved