Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Rakordal dan Evaluasi Semester I Tahun 2022, Bupati Kukar Minta OPD Ciptakan Terobosan Baru

Pemkab Kukar melaksanakan Rakordal dan Evaluasi Pelaksanaan Kinerja Semester l Tahun Anggaran 2022. Bupati meminta OPD menciptakan terobosan baru.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Pemkab Kukar saat melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Kinerja Semester l Tahun 2022 serta Pembangunan Infrastruktur dan Lumbung Pangan di Aula Bappeda Kukar, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) dan Evaluasi Pelaksanaan Kinerja Semester l Tahun Anggaran 2022 serta Pembangunan Infrastruktur dan Lumbung Pangan di Aula Bappeda Kukar, pekan tadi.

Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunn Daerah (Bappeda) Kukar Sy Vanesa Vilna mengatakan, fokus pembangunan 2022 sesuai dengan visi-misi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yaitu Kukar Idaman mewujudkan masyarakat Kukar yang sejahtera dan berbahagia.

Sedangkan tema RKPD Kukar 2022 "Memperkuat Landasan bagi Percepatan (Akselerasi) dan Pembaharuan (Transformasi) Pembangunan berbasis potensi Kewilayahan dan Komoditi Unggulan Daerah".

Baca juga: Wabup Kukar Tinjau Rencana Pengerjaan Jalan Provinsi di Samboja

Prioritas pembangunan 2022 yaitu penyelenggaraan pemerintahan daerah berbasis teknologi informasi, peningkatan mutu dan jangkauan layanan pendidikan dan kesehatan, peningkatan daya saing tenaga kerja dan daya beli masyarakat, peningkatan nilai tambah komoditas unggulan daerah berbasis wilayah dan lingkungan dan peningkatan aksesibilitas dan layanan infrastruktur wilayah.

Selanjutnya Sy Vanesa mengimbau perangkat daerah yang belum terisi 100 persen pada e-Pantau agar segera melakukan pengisian agar kinerja output dan keuangan semester I, karena ini merupakan bagian dari proses untuk penyusunan perubahan RKPD Tahun 2022, di mana provinsi sudah mengeluarkan batas waktu yaitu 15 Juli 2022 untuk penyerahan seluruh perlengkapan penyusunan perubahan RKPD tahun 2022 .

Selanjutnya Sekretaris Dinas PU Rudi Suryadinata memaparkan, fokus strategi Dinas PU adalah pengembangan perekonomian dengan tujuan pengembangan desa baik sektor pertanian, pariwisata, perdagangan sesuai prioritas daerah. Fokus pengganggaran berdasarkan kelas jalan disesuaikan dengan fungsi/kebutuhan.

Sementara itu, Asisten III Totok Heru Subroto memaparkan tentang Kukar sebagai lumbung pangan.

Ia menyebutkan pertumbuhan dan kontribusi sektor pertanian, kehutanan dan perikanan pada PDRB Kukar mengalami fluktuasi selama 3 tahun terakhir dari pendekatan pertumbuhan kondisi terbaik pada 2019 sedangkan kontribusi tertinggi pada 2020.

Tahun 2021 kontribusi pertambangan berada pada angka 64,10 persen tertinggi selama 3 tahun terakhir.

Baca juga: Idul Adha Bernilai Sakral, Sosial dan Akuntabilitas, Bupati Serahkan Sapi Kurban di Masjid Agung

Dari analis shift share sektor pertanian, kehutanan dan perikanan tampil sebagai salah satu sektor yang mempunyai keunggulan kompetitif di Kukar.

Halaman
123
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved